Macam Alat Kontrasepsi Yang Aman Untuk Ibu Menyusui dan Tidak Bikin Gemuk

Alat Kontrasepsi Yang Aman – Menunda kehamilan banyak dilakukan oleh pasangan muda yang baru menikah, biasanya pada ingin memapankan terlebih dahulu kondisi ekonomi sebelum memutuskan memiliki anak. Namun banyak juga pasutri yang telah lama menikah, biasanya mereka ingin membatasi jumlah anak seperti anjuran dari pemerintah dengan 2 anak cukup. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menunda kehamilan seperti dengan menggunakan alat kontrasepsi. Untuk Alat kontrasepsi banyak macamnya.

alat-kontrasepsi yang aman untuk ibu menyusuiMacam Alat Kontrasepsi Yang Aman Untuk Ibu Menyusui

Dibawah ini Mencuatdotcom berikan pengertian dan infromasi lengkap mengenai alat kontrasepsi sehingga anda yang ingin program menunda momongan bisa memilih kira kira yang ingin anda terapkan.

1. Kondom
Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang terbuat karet/lateks, berbentuk tabung. Penggunaan kondom cukup efektif selama digunakan secara tepat dan benar.
2. Pil KB
Keuntungan pil ini adalah tetap membuat menstruasi teratur, mengurangi kram atau sakit saat menstruasi. Kesuburan Anda juga dapat kembali pulih dengan cara cukup menghentikan pemakaian pil ini.
3. Suntik KB
Jenis kontrasepsi ini pada dasarnya mempunyai cara kerja seperti pil.
Kontrasepsi suntikan mengandung hormon sintetik. Penyuntikan ini dilakukan 2-3 kali dalam sebulan.
4. Susuk KB
Implant/susuk KB adalah kontrasepsi dengan cara memasukkan tabung kecil di bawah kulit pada bagian tangan yang dilakukan oleh dokter Anda. Tabung kecil berisi hormon tersebut akan terlepas sedikit-sedikit, sehingga mencegah kehamilan.
5. IUD (Spiral)
Intrauterine Device atau biasa juga disebut spiral karena bentuknya memang seperti spiral. Teknik kontrasepsi ini adalah dengan cara memasukkan alat yang terbuat dari tembaga kedalam rahim.
Kontrasepsi tersebut jadi pilihan karena kenyamanannya.
6. Spermatisida
Kontrasepsi ini merupakan senyawa kimia yang dapat melumpuhkan sampai membunuh sperma. Bentuknya bisa busa, jeli, krim, tablet vagina, tablet, atau aerosol.
7. Vagina Diafragma
Lingkaran cincin dilapisi karet fleksibel ini akan menutup mulut rahim bila dipasang dalam liang vagina 6 jam sebelum senggama. Efektifitasnya alat kontrasepsi ini bisa menurun bila terlalu cepat dilepas kurang dari 8 jam setelah senggama.

Untuk ibu menyusui, pilihan kontrasepsi yang aman adalah kontrasepsi non hormonal. Beberapa alat kontrasepsi iniĀ  bisa Anda pilih :

  • - Kondom
  • - IUD (Intrauterine Device).
  • - Spermatisida,
  • - Operasi tubektomi

Untuk lebih amannya dalam penggunakan alat kontrasepsi, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu untuk lebih amannya. Nah demikian postingan mengenai macam macam jenis Alat Kontrasepsi Yang Aman. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s