Membandingkan Kekayaan Jokowi vs Prabowo

Jokowi vs PrabowoMembandingkan Kekayaan Jokowi vs Prabowo – dua capres yang paling kuat saat ini Prabowo dan Jokowi memang sudah kaya sejak dulu, akan tetapi sangat menarik bila kita membandingkan kekayaan yang dimiliki calon presiden Indoensia yang akan memimpin kita 5 tahun kedepan ini, berikut ini tulisan mengenai perbandingan kekayaan jokowi vs prabowo terbaru.

Jokowi–sapaan Joko Widodo–tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 27,26 miliar. Jumlah tersebut dilaporkan calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu pada 31 Maret 2012 melalui dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

Kekayaan Jokowi terdiri dari harta tak bergerak senilai Rp 23,77 miliar dan harta bergerak seperti kendaraan senilai Rp 499 juta dan logam mulia Rp 361,35 juta.

Harta Jokowi meningkat Rp 9 miliar ketimbang LHKPN yang dilaporkan dua tahun sebelumnya. Pada 2010, Jokowi mencatatkan kekayaan sebesar Rp 18,4 miliar. Menurut Jokowi, tambahan kekayaan itu disumbang oleh peningkatan nilai tanah dan bangunan yang dimiliki berdasarkan nilai jual obyek pajak. “Kalau jumlah tanah dan bangunannya justru berkurang,” kata Jokowi saat diwawancara sebagai Wali Kota Solo, Juni 2012.

Adapun Prabowo yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya terakhir melaporkan harta kekayaannya dalam LHKPN pada September 2003. Dalam laporan itu Prabowo mencatatkan diri sebagai mantan Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI, Departemen Pertahanan. Dia mengungkapkan kekayaannya sebesar Rp 10,15 miliar.

Rincian harta Prabowo terseidi dari harta tidak bergerak sebesar Rp 2,73 miliar dan harta bergeraknya sebesar Rp 1,45 miliar, logam mulia Rp 44 juta, dan lainnya Rp 68 juta.

Prabowo sendiri dipecat dari TNI Angkatan Darat oleh Panglima TNI Jenderal Wiranto pada 1999. Setelah kejadian itu, Prabowo beralih profesi sebagai pengusaha. Dia sempat dua tahun berbisnis ke Yordania. Di sanalah Prabowo meniti usaha hingga kemudian kembali ke Tanah Air. Salah satu bisnis dia adalah batu bara.

Pada 2009, Prabowo sempat melaporkan kekayaannya karena mencalonkan diri sebagai calon presiden pendamping Megawati Sukarnoputri. Ketika itu, kekayaan Prabowo melonjak hingga lebih dari lebih dari Rp 1,6 triliun–sekira 60 kali lipat kekayaan Jokowi pada 2010.

Menurut laporan tertanggal 18 Mei 2009 itu, harta Prabowo bernilai Rp 1,58 triliun dan US$ 7,572. Perinciannya, bagian terbesar bersumber dari surat berharga, yang nilainya Rp 1,5 triliun. Laporan itu melejit dibanding total kekayaan dia pada 2003.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: