Hasil MotoGP Le Mans Prancis Dimenangkan oleh Marquez

Marc Marquez juara motogp prancisMarc Marquez kembali mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pembalap yang mampu memenangi 5 kali balapan berturut turut dalam satu musim, setelah tadi berhasil kembali keluar sebagai yang tercepat di sesi balapan di sirkuit le mans prancis.

Menempati pole position, Marquez sejak awal memang jadi favorit dalam balapan di Sirkuit Le Mans, Minggu (18/5/2014). Tapi, pebalap Repsol Honda itu tak lantas tampil dominan dan terus di depan sepanjang lomba.

Yang membuat balapan jadi seru adalah perjuangan Marquez merebut posisi terdepan setelah sempat tercecer jauh di awal lomba. Marquez terlempar ke urutan sepuluh selepas start, tapi dia dengan sabar mengejar ketertinggalannya.

Lap demi lap berlalu, Marquez menyalip satu demi satu pebalap di depannya. Puncaknya adalah pada lap ke-13 ketika dia mengasapi Valentino Rossi untuk merebut posisi pertama.

Setelah Marquez memimpin lomba, cerita selanjutnya bisa ditebak. Dia perlahan-lahan menjauh dan akhirnya tak terkejar sampai garis finis.

Bagi Marquez, kemenangan ini meneruskan dominasinya pada musim ini. Dia selalu menang pada lima seri awal, setelah sebelumnya dia naik podium pertama di Qatar, Austin, Argentina, dan Jerez.

Dicatat Infostrada, Marquez adalah pebalap pertama dalam kurun waktu 42 tahun yang memenangi lima seri pertama di sebuah musim balap motor grand prix. Dia menyamai catatan Giacomo Agostini pada tahun 1972.

Marquez juga menjadi pebalap pertama yang memenangi lima balapan secara berturut-turut di kelas premier dari posisi pole sejak Mick Doohan terakhir melakukannya pada 1997. Dia tercatat sebagai pebalap termuda yang memenangi lima balapan secara berturut-turut di kelas premier, yakni dalam usia 21 tahun 90 hari.

Berkat kemenangannya di Le Mans, Marquez makin kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 125 poin. Dia unggul 42 poin atas Dani Pedrosa yang berada di posisi kedua. Rossi menempati urutan ketiga dengan 81 poin.

Jalannya Balapan

Dovizioso membuat start brilian. Dia langsung melesat ke depan, diikuti Bradl, Pol Espargaro, dan Rossi. Sebelum lap pertama berakhir, Rossi sudah berada di posisi ketiga setelah melewati Espargaro.

Sementara itu, Marquez membuat kesalahan saat start. Dia melebar dan posisinya pun sempat melorot ke posisi kesepuluh.

Hingga akhir lap kedua, Dovizioso masih memimpin, disusul Bradl, Rossi, Espargaro, Smith, Bautista, Lorenzo, Pedrosa, Marquez, dan Crutchlow.

Pada lap ketiga, Rossi melewati Bradl untuk merebut posisi kedua. Posisi terdepan jadi milik The Doctor pada lap berikutnya setelah dia menyalip Dovizioso. Sementara itu, Marquez perlahan-lahan naik ke posisi ketujuh.

Hingga akhir lap kelima, Rossi masih memimpin, diikuti Dovizioso, Pol Espargaro, Bradl, Lorenzo, Marquez, Smith, Bautista, Pedrosa, dan Aleix Espargaro.

Pada lap ketujuh, Lorenzo dan Marquez terlibat duel seru untuk memperebutkan posisi kelima. Hasilnya, Marquez berhasil melewati Lorenzo di sebuah tikungan.

Sebelum lap ketujuh berakhir, Marquez sudah tak berada di posisi kelima lagi. Dia sudah naik ke posisi keempat usai menyalip Dovizioso. Dovi bahkan melorot terus ke posisi ketujuh karena dilewati Lorenzo dan Bautista.

Memasuki lap kesepuluh, manuver Marquez berlanjut. Dia naik ke urutan ketiga setelah melewati Bradl. Rossi masih memimpin lomba.

Tapi, Rossi perlahan-lahan berada di bawah tekanan. Pasalnya, Marquez sudah ada tepat di belakangnya pada lap kesebelas. Jarak di antara mereka berdua sangat dekat, hanya sekitar 0,6 detik.

Rossi akhirnya tak bisa mempertahankan posisi terdepan. Dia harus merelakan posisinya direbut Marquez pada lap ke-13 karena dia agak melebar di sebuah tikungan.

Seperti pada seri-seri sebelumnya, Marquez sangat sulit dikejar kalau sudah berada di depan. Pada lap ke-18, dia makin jauh memimpin dan unggul sekitar 1,5 detik di depan Rossi.

Marquez makin nyaman di posisi terdepan hingga lap ke-22. Dia diikuti Rossi, Bautista, Pol Espargaro, Pedrosa, Lorenzo, Bradl, Aleix Espargaro, Dovizioso, dan Smith.

Hingga balapan selesai, Marquez tak terbendung lagi. Dia menyentuh garis finis di posisi terdepan.

Hasil MotoGP Prancis 2014 Selengkapnya:
Posisi – Pebalap – Tim – Waktu/Gap

1. Marc Marquez Honda 44m03.925s
2. Valentino Rossi Yamaha +1.486s
3. Alvaro Bautista Gresini Honda +3.144s
4. Pol Espargaro Tech 3 Yamaha +3.717s
5. Dani Pedrosa Honda +4.077s
6. Jorge Lorenzo Yamaha +7.088s
7. Stefan Bradl LCR Honda +11.527s
8. Andrea Dovizioso Ducati +22.103s
9. Aleix Espargaro Forward Yamaha +22.626s
10. Bradley Smith Tech 3 Yamaha +23.108s
11. Cal Crutchlow Ducati +25.780s
12. Scott Redding Gresini Honda +39.523s
13. Yonny Hernandez Pramac Ducati +42.544s
14. Hiroshi Aoyama Aspar Honda +42.736s
15. Karel Abraham Cardion Honda +56.644s
16. Michael Laverty PBM Aprilia +1m14.123s
17. Colin Edwards Forward Yamaha +1m19.723s
18. Broc Parkes PBM Aprilia +1m30.934s
19. Mike di Meglio Avintia FTR-Kawasaki +1m34.521s

Tidak Finis:
Andrea Iannone Pramac Ducati 1 lap
Hector Barbera Avintia FTR-Kawasaki 1 lap
Nicky Hayden Aspar Honda 0 laps

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: