Pengumuman Hasil UN SMA 2014 : Sebanyak 8.970 Siswa SMA dan SMK Tidak Lulus

Pengumuman UN SMA dan SMK 2014Pengumuman Hasil UN SMA/SMK/MAN dan sederajat akan dilaksanakan pada hari selasa, 20 Mei 2014 besok, dimana sehari sebelum pengumuman resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh sudah mengumumkan nama siswa peraih nilai tertinggi UN SMA 2014.

Selain mengumumkan siswa dengan nilai tertingi nasional pada UN SMA 2014 ini, M Nuh juga mengkonfirmaskan ada Sebanyak 7.811 siswa SMA/MA dan 1.159 siswa tingkat SMK se-Indonesia yang dipastikan tidak lulus Ujian Nasional (UN) 2014 yang dilaksanakan pada 14-16 April 2014 lalu. Jumlah ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, faktor ketidaklulusan siswa tersebut disebabkan oleh adanya peningkatan porsi kesukaran pada soal-soal UN tersebut.

“Tahun ini tingkat kelulusan SMA/MA dan SMK turun, salah satu faktornya karena tingkat kesukaran soal. Untuk kategori sukar, kita naikkan menjadi 20 persen, yang sebelumnya 10 persen,” ucap Nuh di kantor Kemendikbud di Jakarta Selatan, Senin (19/5/2014).

Klasifikasi atas ketidaklulusan siswa SMA/MA dan SMK nasional tahun ini adalah mereka yang memiliki standar di bawah dari penetapan oleh Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Adapun penetapannya, nilai akhir paling rendah adalah 5,5 dan setiap mata pelajaran paling rendah mendapat nilai 4,0.

“Namun, siswa yang nilai UN-nya kurang atau tidak memenuhi standar masih bisa dibantu sama nilai ujian sekolah karena porsi kelulusan akhir itu 60 persen UN dan 40 persen ujian sekolah,” paparnya.

Semoga nama adik adaik tidak masuk dalam daftar 8.970 siwa yang dinyatakan tidak lulus UN SMA/SMK 2014 ini,

Iklan

Ditandai:,

One thought on “Pengumuman Hasil UN SMA 2014 : Sebanyak 8.970 Siswa SMA dan SMK Tidak Lulus

  1. […] Pengumuman hasil UN SMA 2014 akan dilakukan secara serempak hari ini, dimana seperti yang sudah kita beritakan sebelumnya mengenai jumlah siswa yang tidak lulus tahun ini mengalami penurun meskipun tingkat soal yang diberikan semakin sulit. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: