Dulu BlackBerry, sekarang Samsung juga tinggalin Indonesia

SamsungPada bulan Oktober 2011 kemarin produsen BB yang dulu masih memakai nama RIM, memutuskan untuk berpinda ke Malaysia dari pada di Indonesia sebagai basis poroduksinya, karena jika dilihat dari iklim investasi keadaan Indonesia tertinggal jauh dari Malaysia.

Setelah BlackBerry, kini Indonesia juga mendapatkan kabar kurang baik. Pabrikan produsen telepon seluler dan smartphone asal Korea Selatan yaitu Samsung juga hampir final akan membuka pabriknya di Vietnam. Padahal pemerintah sudah mencoba merayu perusahaan pembuat ponsel asal Negeri Ginseng itu untuk membangun pabriknya di Indonesia.

Vice President Samsung Electronics Lee Kang Hyun mengungkapkan salah satu keuntungan Samsung mendirikan pabrik produksinya di Vietnam adalah karena besarnya insentif yang diberikan pemerintah Vietnam. Vietnam menjanjikan insentif berupa tax holiday selama 30 tahun.

Sebelumnya, Lee juga mengeluhkan banyaknya aturan pemerintah yang membuat pihaknya kesulitan berbisnis di Indonesia. Salah satunya rencana pemerintah menerapkan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk Ponsel.

Menurut Lee, jika aturan PPnBM dilakukan, maka akan membuat ponsel ilegal deras akan masuk ke Indonesia. Hasilnya produk yang diproduksi Samsung tidak akan bisa bersaing dengan yang produk serupa yang ilegal karena harga produk yang jauh lebih murah.

“Ini sangat disayangkan kedua pabrikan produk telepon seluler dan smartphone justru tidak melirik Indonesia sebagai basis produksi produk mereka,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian, Riset & Teknologi Bambang Sujagad seperti dikutip detikFinance, Jumat (30/05/2014).

Padahal secara hitung-hitungan, seharusnya baik BlackBerry maupun Samsung memilih Indonesia karena pasar yang besar. Tetapi karena iklim investasi di Indonesia yang dinilai kurang kondusif dan lebih sulit menyebabkan dua pabrikan terbesar di dunia itu melirik negara lain ketimbang Indonesia.

“Meskipun pada intinya kita tetap mengkonsumsi produk mereka (BlackBerry dan Samsung). Kita punya kelas menengah 50 juta, penikmat Facebook dan Twitter salah satu terbesar di dunia seharusnya menarik investasi. Ini karena inkonsistensi aturan pemerintah,” keluh Bambang.

Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Pada 2003 pendapatannya adalah US$101,7 miliar.

Sekarang ini, Samsung beroperasi di 6 bidang bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan), Peralatan Rumah Tangga Digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dll), media digital, LCD, semikonduktor, dan kendaraan bermotor (Termasuk alat berat).

Samsung adalah salah satu konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermulai sebagai perusahaan ekspor pada 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Menurut pendiri Samsung Group, arti dari kata hanja bahasa Korea Samsung adalah “tiga bintang”. “Tiga” menggambarkan hal yang “besar, banyak, dan berkuasa”, dan “bintang” berarti keabadian.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: