Beginilah proses pemotongan ayam di rumah potong modern

Waktu kecil dulu sering banget diajaki bapak buat motong ayam secara konvensional, dimana saya sering disuruh megangin bagian sayap ama kaki dan Bapak pegang kepala sama pisau buat memotong tenggorokan ayam. Tapi itu cuma motong satu ayam, la kalo potong ribuan ayam ya gempor juga.

Nah ini ada beberapa foto proses pemotongan ayam yang dilakukan oleh rumah potong modern dimana jika dibandingkan pasar tradisional ayam yang berasal dari rumah potong lebih terjamin kebersihannya. Ayam potong dari pabrik atau rumah potong modern melalui proses bersih mulai dari pengangkutan ayam hingga penyembelihan.

Lain dari pemotongan ayam tradisional, pabrik dan rumah pemotong ayam modern harus mengikuti standar kesejahteraan ayam dan halal. Berikut ini prosedur umum yang dilakukan pabrik pemotongan ayam di rumah potong modern

1. Ayam hidup

Ayam hidup

Ayam hidup dimasukkan keranjang plastik diatas conveyor, petugas mengangkat terbalik ayam tersebut dan meletakkannya pada hook gantungan besi. Kotak bekas tempat ayam hidup berjalan ke bagian tempat penyemprotan disinfectant.

2. Penyembelihan
Ayam disembelih
Di pabrik penyembelihan ayam dilakukan dengan mesin pemotong. Penyembelihan dilakukan dengan memotong empat saluran antara lain vena jugularis, arteri karotidea, esofagus, dan trakea. Posisi ayam tetap terbalik untuk menguras darah didalamnya sehingga karkas akan berwarna pucat.

3. Proses Pencabutan bulu
3 Proses Pencabutan bulu
Selanjutnya, ayam direndam dalam air panas dalam suhu 51,3- 51,8 derajat celcius agar pencabutan bulu semakin mudah tanpa merusak kulit. Selanjutnya pencabutan dilakukan menggunakan mesin pencabut otomatis dengan rubber finger.

4. Pengambilan jeroan
4 Pengambilan jeroan
Selanjutnya, ayam berpindah ke mesin yang secara otomatis membuka bagian tengah ayam.

Ayam dibawa ke ruang dimana petugas akan menghilangkan bagian jeroan seperti usus, jantung, ati, dan ampela. Masing- masing jeroan tersebut ditaruh dalam peti plastik.

5. Proses Pencucian
5 Proses Pencucian
Setelah jeroan bersih, dilakukan pencucian luar dan dalam karkas. Bagian dalam karkas disiram menggunakan alat bernama retracting shaft dengan semprotan bertegangan tinggi supaya bersih dalam waktu cepat.

6. Pemotongan bagian ayam dan pembekuan
6 Pemotongan bagian ayam dan pembekuan
Beberapa bagian ayam seperti sayap, paha, dan dada dipotong sesuai dengan kebutuhan produk. Agar ayam tetap segar, ayam dicelupkan dalam air dingi lalu dipaparkan uang dingin. Produk lalu dikemas dan dibawa ke tempat tujuan.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: