Inilah pesawat pribadi JK yang digunakan saat kampanye

Dalam kampanye Pilpres 2014 ini, Cawapres no urut 2 Jusuf Kalla menggunakan sebuah pesawat pribadi untuk melakukan serangkaian kunjungan ke berbagai daerah di Tanah Air.

Pada hari pertama kemarin mantan wakil presiden era SBY ini menjadikan Aceh sebagai tujuan kunjungannya, Selama perjalanan kampanye ke Sumatera dan selanjutnya, pasangan dari capres Jokowi ini akan menggunakan pesawat pribadinya BAe 146-200 sebagai kendaraan reguler.

Pesawat ini merupakan pesawat yang juga pernah digunakannya saat kampanye Pilpres 2009 lalu. Kala itu JK berpasangan dengan Ketua Umum Hanura Wiranto. Tak heran di bawah sayap dan ekor pesawat yang mayoritas bercat putih ini terpampang tulisan ‘PK-JKW’ yang merupakan singkatan dari JK-Wiranto.

“Pesawat dipakai pemilu 2009. Makanya ada nama JKW (JK-Wiranto waktu itu),” ujar pilot pesawat, Capt Pratsjoyo Hadiwidjojo, kepada detikcom di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh, Jumat (6/6/2014).

Selain itu juga terdapat nama Ibu JK, Athirah, di bagian samping depan pesawat. Menurut Pratsjoyo, hampir di semua pesawat yang dimiliki JK tertera nama ibunya tersebut.

Melihat ke dalam, bagian depan pesawat diperuntukkan untuk kelas bisnis berisi 12 kursi, yakni 2 kursi berhadapan dengan meja berukuran sedang di bagian tengahnya. Ada majalah, koran terbaru, vas bunga dan sejumlah kudapan pun tersedia di atas meja berwarna cokelat elegan itu. Terasa kental sekali nuansa cokelat muda.

Kemudian di bagian belakang, kelas ekonomi berisi 54 kursi yang juga tak kalah nyaman. Ini menjadi tempat duduk bagi rombongan wartawan peliput kampanye JK, tim kampanye dan anggota pengamanan JK.

Pesawat yang memiliki nama Nusantara Carter Airlines ini merupakan buatan Inggris, yaitu British Aerospace. Sang pilot menuturkan pesawat ini dibuat pada 2006 lalu.

Selain digunakan untuk perjalanan pribadi, pesawat Nusantara ini juga disewakan secara komersil. Namun baik pilot maupun ajudan JK tidak ada yang mengetahui berapa biaya sewaannya.

“Wah nggak tahu berapa. Tapi kalau dipakai carter bisa muat 98 seat, sedangkan kalau dipakai pribadi belakang 54 seat dan depan 12 seat. Untuk kampanye kali ini jumlah flight attender yang dibawa ada 3 orang dan 1 orang dokter,” pungkas Pratsjoyo.

Berikut ini beberapa foto pesawat pribadi JK yang akan digunakan sebagai kendaraan saat kampanye di wilayah Indonesia.

Foto pesawat pribadi JK bagian luar

Foto pesawat pribadi JK

Pesawat Pribadi JK

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: