Prediksi Spanyol vs Belanda Jadwal Piala Dunia 14 Juni 2014

Spanyol vs Belandapertandingan antara Spanyol vs Belanda akan digelar pada hari Sabtu 14 Juni 2014 pukul 03.00 WIB dini hari, dimana pertandingan ini akan digelar di Arena Fonte Nova, Salvador, dan akan dipimpin oleh wasit asal Italia Nicola Rizzoli

Pertemuan Spanyol vs Belanda merupakan ulangan partai Final Piala dunia 2010 silam dimana pada waktu itu Tim matador mampu mengalahkan Tim Oranye dan keluar sebagai Juara. Pada Piala dunia 2014 ini kedua tim dipertemukan dalam satu grup.

La Furia Roja berhasrat untuk mencetak sejarah dengan menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan trofi Piala Dunia. Sedangkan motivasi terbesar Belanda saat ini tentu saja membalas kekalahan di partai final 4 tahun silam.

Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque kemungkinan akan menurunkan Diego Costa sebagai starter dengan ditemani Andres Iniesta dan David Silva di kedua sisi. Di lini tengah, duo Barca Xavi dan Sergio Busquets bakal kembali bekerja sama dengan ditemani Xabi Alonso.

Perebutan sengit di kubu Spanyol mungkin terjadi di posisi bek kanan antara Cesar Azpilicueta dan Juanfran. Namun besar kemungkinan yang namanya disebutkan pertama akan diberi kesempatan menjadi starter kali ini.

Beberapa nama tenar lainnya seperti Javi Martinez, Pedro dan Koke bisa menjadi pilihan pertama di bangku cadangan. Sebagai opsi lainnya, Cesc Fabregas bisa juga masuk dimainkan sebagai false nine, peran yang dilakukannya di Piala Konfederasi tahun lalu.

Beralih ke Belanda, Jonathan de Guzman mendapat cedera hamstring dan kondisinya diragukan untuk tampil. Sebagai gantinya Jordy Clasie bakal diduetkan dengan Nigel de Jong di tengah lapangan.

Absennya Kevin Strootman pada gelaran Piala Dunia kali ini cukup berdampak besar kepada Belanda. Kehilangan Strootman, Pelatih Oranje, Louis van Gaal meninggalkan formasi 4-3-3 dan memilih formasi 3-4-1-2.
Prediksi Belanda vs Spanyol
Ron Vlaar bakal bergabung dengan Stefan de Vrij dan Bruno Martins Indi sebagai trio di jantung pertahanan. Daryl Janmaat dan Daley Blind bakal bermain sebagai bek sayap. Untuk lini depan, Belanda bakal berharap kepada duet Arjen Robben dan Robin van Persie yang ditopang dengan pergerakan Wesley Sneijder.

Tiki taka vs Total Football?

Spanyol lima tahun terakhir lekat dengan gaya permainan tiki-taka, sementara Belanda sejak lama beken dengan filosofi sepakbola menyerang “Total Football”. Sayangnya harapan publik sepakbola untuk melihat kedua falsafal atraktif itu bertempur sangat sulit terlaksana.

Van Gaal datang ke Brasil tidak untuk mendapat puja-puji dari para penggemar sepakbola. Ia hanya ingin menang dan mengaku tidak mempersiapkan diri untuk menampilkan gaya sepakbola favoritnya “total football”. Gaya permainan menyerang yang membuatnya mendapat reputasi sebagai pembesut tim “Brasilnya Eropa”.

Belanda akan berupaya untuk mempersempit ruang gerak para penyerang Spanyol. Untuk memastikan kemenangan, Belanda menyiapkan formasi dengan memainkan lima pemain belakang, tiga pemain tengah dan dua penyerang yang kemungkinan akan diisi duet dua bintang besar mereka, penyerang Manchester United Robin van Persie dan penyerang sayap Bayern Muenchen Arjen Robben.

Belanda mungkin tak bisa bermain cantik seperti Spanyol memainkan tiki-taka yang mengalirkan bola dengan umpan-umpan akurat dan cepat. Tetapi mereka telah menyiapkan strategi khusus untuk meredam serangan Xavi Hernandes dkk sekaligus berupaya “menghukum” lewat serangan balik cepat.

Formasi 5-3-2 yang diasah dalam beberapa ujicoba terakhir cukup ampuh membuat lawan tak bisa terlalu banyak mengancam gawang. Kecepatan Robben bisa jadi kunci jika Tim Negeri Kincir itu ingin meniru cara Brasil mengatasi Spanyol di Piala Konfederasi. Gol-gol dan serangan berbahaya Selecao kala itu didominasi oleh taktik serangan balik yang cepat.

Penguasaan bola efektif

Jika Belanda telah melakukan banyak perubahan pasca final Piala Dunia Afrika Selatan, Spanyol nyaris tanpa perubahan. Mereka tetap mengandalkan pemain-pemain yang dalam istilah Del Bosque “matang” bukan tua. Gaya bermain juga masih sama.

Sergio Ramos, salah satu pemain belakang sang juara bertahan, menyatakan bahwa Tim Matador tak perlu berpaling dari filosofi sepakbola yang telah terbukti sukses membawa mereka menjadi tim terbaik di dunia lebih dari lima tahun terakhir. Namun ia tetap mengingatkan rekan-rekannya agar tak memandang remeh lawan.

Namun sang pelatih, Vicente Del  Bosque, sepertinya sadar bahwa langkah mereka bakal lebih berat daripada Piala Dunia 2010. Meskipun skuat utama hampir tidak berubah, tetapi usia mereka makin menua. Ini bisa memengaruhi kemampuan mereka dalam memainkan possession football yang sempurna. Tim lawan tentu juga sudah menyiapkan taktik untuk meredam gaya tiki-taka, seperti ditunjukkan Brasil di Piala Konfederasi tahun lalu.

Mantan pelatih Real Madrid itu menyebut penguasaan bola harus punya tujuan, dalam kata lain ia ingin Spanyol bermain lebih efektif. Ini mungkin menjadi salah satu alasan Spanyol nekad membawa Diego Costa yang kondisinya belum 100% fit. Penyerang Spanyol kelahiran Brasil itu termasuk striker oportunis dan piawai memanfaatkan umpan-umpan langsung (direct ball). Seperti yang dilakoninya di klub Atletico Madrid. Costa bisa menjadi alternatif serangan sekaligus kartu truf untuk membongkar pertahanan lawan.

Komentar Pelatih

Vicente del Bosque: Sepakbola dapat dimainkan dengan baik dengan berbagai cara. Kami tidak memiliki formula ajaib. Tapi kami sudah persiapkan pola permainan berdasarkan pemain yang kami bawa ke Brasil.

Louis van Gaal: Spanyol memaksa kami bermain dengan lima bek. Tujuannya jelas untuk mempersempit ruang ketika menghadapi pemain-pemain berkualitas.

HEAD TO HEAD

Sepanjang kualifikasi, Spanyol mencetak 14 gol, kebobolan tiga gol. Top skorer sepanjang kualifikasi dipegang oleh Pedro dengan 4 gol. Sementara Belanda, selama kualifikasi sangat produktif, mencetak 34 gol dan kemasukan lima gol. Pencetak gol terbanyak selama kualifikasi adalah Robin van Persie dengan 11 gol

Kedua Negara telah bertemu dalam 10 pertandingan. Spanyol menang lima kali, sementara Belanda memenangi empat pertandingan. Satu-satunya laga imbang terjadi saat laga persahabatang yang berlangsung  di Barcelona tahun 1987, skor akhir 1-1.

LIMA PERTEMUAN TERAKHIR

  • 12/07/10 Belanda 0 – 1 Spanyol (Final Piala Dunia)
  • 27/03/02 Belanda 1 – 0 Spanyol (Intenational Friendly)
  • 15/11/00 Spanyol 1 – 2 Belanda (Intenational Friendly)
  • 21/01/87 Spanyol 1 – 1 Belanda (Intenational Friendly)
  • 17/11/83 Belanda 2 – 1 Spanyol (Kualifikasi Piala Eropa)

PERFORMA LIMA LAGA TERAKHIR

Spanyol: WLWWW

  • 17/11/13 Equatorial Guinea 1 – 2 Spanyol (Intenational Friendly)
  • 20/11/13 Afrika Selatan 1 – 0 Spanyol (Intenational Friendly)
  • 06/03/14 Spanyol 1 – 0 Italia (Intenational Friendly)
  • 31/05/14 Spanyol 2 – 0 Bolivia (Intenational Friendly)
  • 08/06/14 El Salvador 0 – 2 Spanyol (Intenational Friendly)

Belanda: DLDWW

  • 20/11/13 Belanda 0 – 0 Kolombia (Intenational Friendly)
  • 06/03/14 Perancis 2 – 0 Belanda (Intenational Friendly)
  • 18/05/14 Belanda 1 – 1 Ekuador (Intenational Friendly)
  • 01/06/14 Belanda 1 – 0 Ghana (Intenational Friendly)
  • 05/06/14 Belanda 2 – 0 Wales (Intenational Friendly)

PEMAIN KUNCI

Andres Iniesta, pahlawan Spanyol empat tahun silam masih akan menjadi salah satu figure sentral permainan. Xavi boleh saja disebut sebagai playmaker timnas Spanyol dan Barcelona, tetapi dari kaki Iniesta lah peluang-peluang banyak tercipta. Iniesta memang punya peran yang lebih menyerang dibanding compatriot asal Barcelona itu.

Arjen Robben adalah satu diantara tiga pemain senior yang bertahan di tim inti Belanda, bersama Van Persie dan Weshley Sneijder. Ia menjalani musim yang hebat bersama Bayern Muenchen. Punya dribble bagus, dan tendangan kaki kiri mematikan. Salah satu pemain tercepat di dunia ini akan menjadi kunci serangan-serangan cepat dan counter attack yang akan dibangun Belanda.

Pemain yang harus diwaspadai

Robin van Persie menjadi sorotan karena tampil melempem bersama Manchester United musim ini. Ia juga banyak dikritik karena lebih garang di klub daripada saat membela negara. Namun pada putaran kualifikasi, van Persie membuktikan dirinya dengan menjadi top skorer dengan 11 gol. Akankah performa bagus itu berlanjut?

Diego Costa menjadi perhatian karena lebih memilih membela Spanyol daripada tanah lahirnya Brasil. Tapi lebih dari itu penampilan memikatnya musim lalu bersama Atletico Madrid yang membuatnya menjadi pusat perhatian. Perbedaan karakter bermain Atletico dan timnas Spanyol mengundang tanya, akankah performanya di klub bisa terduplikasi di timnas?

Prediksi susunan pemain Spanyol vs Belanda

Spanyol XI: 1-Iker Casillas; 22-Cesar Azpilicueta, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; 14-Xabi Alonso, 16-Sergio Busquets; 21-David Silva, 8-Xavi, 6-Andres Iniesta; 19-Diego Costa.

Belanda XI: 1-Jasper Cillessen; 7-Daryl Janmaat, 3-Stefan de Vrij, 2-Ron Vlaar, 4-Bruno Martins Indi, 5-Daley Blind; 6-Nigel de Jong, 8-Jonathan de Guzman; 10-Wesley Sneijder; 9-Robin van Persie, 11-Arjen Robben.

ODDS

Spanyol menang 10/11.

Hasil imbang 23/10.

Belanda menang 9/2.

Prediksi Skor Spanyol vs Belanda

Pertarungan akan berlangsung sengit dengan skor yang ketat. Spanyol lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan, 2-1 untuk Spanyol

Prediksi Belanda vs Spanyol Versi (Goal.com)

* Spanyol 2-1 Belanda (17,47 persen)
* Spanyol 1-2 Belanda (12,92 persen)
* Spanyol 1-1 Belanda (11,56 persen)

Data Dan Fakta Spanyol vs Belanda

1. Spanyol sedang memburu gelar besar mereka yang keempat, setelah sukses emenangi Piala Eropa beruntun, mereka berniat mengulangi di kancah Piala Dunia.

2. Belanda berusaha memecahkan rekor buruk sebagai tim yang tak pernah juara. Sempat tiga kali sukses mencapai partai puncak alias final turnamen, tapi tiga-tiganya kalah.

3. Untuk pertama kali sepanjang sejarah kompetisi, dua finalis di turnamen empat tahun sebelumnya bertemu di ronde pertama alis babak penyisihan grup pada turnamen setelahnya.

4. Penjaga gawang Spanyol, Iker Casillas berpeluang membuat rekor. Ia  hanya terpaut tiga clean sheet (tak kebobolan) untuk menyamai rekor clean sheet dalam 10 pertandingan yang saat ini dipegang bersama oleh Peter Shilton (Inggris) dan Fabien Barthez (Perancis).

5. Sebagai tambahan, Casillas telah menjalani 433 menit tak kebobolan. Jika tak kebobolan saat melawan belanda, Ia akan melewati rekor 517 menit tak kebobolan yang dimiliki penjaga gawang Italia, Walter Zenga tahun 1990.

6. Kedua Negara telah bertemu dalam 10 pertandingan. Spanyol menang lima kali, sementara Belanda memenangi empat pertandingan. Satu-satunya laga imbang terjadi saat laga persahabatan yang berlangsung  di Barcelona tahun 1987, skor akhir 1-1.

7. Pertemuan terakhir terjadi pada 11 Juli 2010, Johannesburg, dalam laga final Piala Dunia Afrika Selatan – Belanda 0 Spanyol  1 (babak perpanjangan waktu).

Prediksi Spanyol vs Belanda versi FIFA

Demikian Prediksi Spanyol vs Belanda Jadwal Piala Dunia 14 Juni 2014 bagiama prediksi skor anda sendiri, dan jangan lupa untuk menyaksiakan pertandigan siran langsung di ANTV dan TVOne Muli Pukul 03.00 WIB dini hari nanti.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: