Awal Puasa Ramadhan 1435 H / 2014 M versi Muhammadiyah

Penentuan Awal Puasa Ramadhan 1435 H versi pemerintah memang belum dilaksanakan, akan tetapi untuk ormas Muhammadiyah sudah menentukan kapan awal puasa 2014 ini akan dilaksanakan, dan berikut ini berita selengkapnya mengenai penentuan tanggal 1 ramadhan 1435 H versi Muhammadiyah seperti dilansir dari Detik.com.

kapan awal puasa ramadhan 1434 h 2014 M

Muhammadiyah telah melakukan hisab untuk menentukan awal Ramadan. Berdasarkan perhitungan dengan metode hisab hakiki wujudul hilal, tanggal 1 Ramadan 1435 H jatuh pada tanggal 28 Juni 2014.

“Pada tanggal 27 Juni pukul 15.10 WIB telah terpenuhi 3 kriteria hisab hakiki wujudul hilal. Sehingga tanggal 28 Juni sudah mulai puasa,” kata Ketua Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tajdid, Yunahar Ilyas di PP Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta Pusat, Senin (16/5/2014).

Yunahar menjelaskan, 3 kriteria tersebut antara lain sudah terjadi ijtima’, yaitu konjungsi antara bulan dan matahari. Kemudian, ijtima’ tersebut harus terjadi sebelum maghrib tiba. Dan saat matahari terbenam bulan masih berada di atas ufuk atau horizon, berapapun derajatnya.

“Sebelum terbenam di Yogya, hilal (bulan) berada di atas ufuk sebesar 0 derajat 48 menit. Artinya sudah wujud,” kata Yunahar.

Oleh karena itu, pada malam setelah tanggal 27 Juni, Muhammadiyah menyerukan umatnya untuk mulai melaksanakan ibadah salat tarawih. Sehingga keesokan harinya sudah mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

“Dengan demikian Muhammadiyah memutuskan 1 Ramadan jatuh pada hari Sabtu Pon tanggal 28 Juni 2014,” kata Yunahar.

Untuk yang ingin menunggu awal puasa 2014 atau 1435 H versi pemerintah, biasanya akan diadalan hilal terlebih dahulu sebelum menentukan awal puasa tahun ini. Dan silahkan googling untuk mencari dan mendownload Jadwal Imsyakiyah 1435 H yang pastinya sudah bayak disedikan oleh rekan rekan semua.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: