Mengenal Istilah TPID yang ditanyakan Jokowi kepada Prabowo

Apa Itu TPID

Prabowo Subianto dan Jokowi saat debat calon presiden di Jakarta, 15 Juni 2014. ANTARA/Andika Wahyu

Istilah TPID menjadi trending topic di twitter sesaat setelah acara debat capres putaran kedua berlangsung. Cerita bermula saat Calon presiden Joko Widodo memberikan pertanyaan dengan kata singkatan yang tidak diketahui Prabowo Subianto.

“Bapak Prabowo, kami ingin bertanya bagaimana cara meningkatkan peran, ini soal rakyat, peran TPID. Terima kasih,” tanya Jokowi dalam sesi tanya jawab debat capres-cawapres di Hotel Gran Melia, Jakarta, Minggu (15/6/2014) malam.

Prabowo yang tak tahu singkatan “TPID” langsung menanyakannya kepada Jokowi. “Apa singkatan TPID, Pak Jokowi?” tanya Prabowo diikuti tawa penonton debat.

Jokowi kemudian menjawab, “Tim pengendali inflasi daerah.”

Prabowo kemudian mengatakan, ia tak hafal dengan semua singkatan. Setelah itu, Prabowo hanya menjawab singkat pertanyaan Jokowi tersebut.

“Tugas kepala derah meningkatkan peran itu, kan tim pengendalian itu fungsi kepemimpinan manajemen masing-masing,” kata Prabowo.

Pengertian TPID

TPID adalah Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah. Dilansir Merdeka, tugasnya memantau dan menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi persoalan inflasi atau melonjaknya harga barang kebutuhan masyarakat. Isu yang berkaitan langsung dengan hajat hidup orang banyak. Tim pemantau ini beranggotakan stakeholder dari pemerintah (Kemenko Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri) dan Bank Indonesia.

Tim pemantau inflasi tingkat pusat sudah ada sejak 2005. Menyadari pentingnya upaya pengendalian kenaikan harga di tingkat daerah, gagasan pembentukan TPID pun lahir di 2008.

Gejolak kenaikan harga menjadi faktor penting dalam perekonomian. Inflasi yang tak terkendali bisa membuat kondisi dan stabilitas ekonomi terganggu. Di sinilah peran dan keberadaan tim pengendali inflasi tingkat pusat dan daerah menjadi penting.

Mengutip dari laman resmi bank sentral, saat ini telah terbentuk 93 TPID di 33 provinsi yang mencerminkan semakin tingginya kesadaran daerah terhadap implikasi atau dampak inflasi bagi kegiatan pembangunan dan untuk kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Dalam mekanismenya, tim Pelaksana melakukan pemantauan secara rutin perkembangan inflasi daerah dan mengidentifikasi berbagai permasalahan terkait pengendalian inflasi di level teknis. Hasil pemantauan tersebut kemudian disampaikan kepada Komite Kebijakan bersama dengan usulan rencana aksi dan rekomendasi kebijakan kepada Komite Kebijakan. Komite kebijakan kemudian mengambil keputusan dan memberikan arahan serta masukan kepada Tim Pelaksana terkait pelaksanaan tugas Pokjanas TPID dalam rangka mengatasi permasalahan inflasi daerah,” seperti dikutip merdeka.com dari laman resmi Bank Indonesia, Senin (16/6).

Tim Pelaksana melakukan pemantauan secara rutin perkembangan inflasi daerah dan mengidentifikasi berbagai permasalahan terkait pengendalian inflasi di level teknis. Hasil pemantauan tersebut kemudian disampaikan kepada Komite Kebijakan bersama dengan usulan rencana aksi dan rekomendasi kebijakan kepada Komite Kebijakan.

Komite kebijakan kemudian mengambil keputusan dan memberikan arahan serta masukan kepada Tim Pelaksana terkait pelaksanaan tugas Pokjanas TPID dalam rangka mengatasi permasalahan inflasi daerah.

Jangan lupa juga untuk membaca siapa pemenang debat Capres Putaran 2 tadi malam menurut para pendukungnya

Iklan

Ditandai:, , , , ,

One thought on “Mengenal Istilah TPID yang ditanyakan Jokowi kepada Prabowo

  1. paskalis Juni 16, 2014 pukul 7:52 pm Reply

    gimana mau jadi pemimpin kalau TPID saja nda paham, mana tim penasihatnya………?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: