Menu Buka Puasa Sehat

Menu Buka Puasa SehatTinggal menghitung hari lagi, kita akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Bulan penuh berkah yang paling dinantikan umat muslim diseluruh dunia. Seperti yang ada pada tradisi bulan Ramadhan yakni menyiapkan menu berbuka puasa dan juga menu sahur. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita akan terkuras dan perlu menu buka puasa yang dapat nyaman di perut serta dapat mengembalikan tenaga kembali. Pada postingan kali ini akan saya share bagaimana menyiapkan menu buka puasa yang sehat.

Menu buka puasa paling sehat dibuka dengan minum segelas air putih serta kurma. Rasa manis yang ada pada kurma dapat membuat badan kita kembali memiliki tenaga dan juga sehat buat lambung kita. Setelah itu kasih jarak sekitar 15 sampai 20 menit untuk mengkonsumsi fresh juice atau juga dapat buah – buahan segar seperti pepaya, apel yang sudah dikupas, melon, pear, dll. Hindari berbuka dengan buah yang ekstrim seperti nanas, durian atu mangga. Setelah itu baru 30 menit kemudian barulah makan besar. Mengapa demikian? Berikut alasannya

Pertama selama hampir seharian puasa, maka perut dalam keadaan kosong sehingga konsentrasi asam lambung aagak tinggi. Hal ini ditandai dengan aroma mulut yang berbeda ini dikarenakan asam lambung yang naik. Maka dari itu diperlukan segelas air putih yang lebih baik dalam keadaan hangat, karena ini baik untuk menguras ginjal serta menambah persediaan air yang etlah hilang selama kita berpuasa.

Kedua Mengapa diperlukan konsumsi buah segar. Ini dikarenakan tubuh memerlukan asupan energi seketika yang biasanya kita dapatkan dari gula. Namun perlu dicatat gula hanya glukosa bukan nutrisi. Maka dari itu asupan fruktosa dari juice atau buah segar dapat langsung mengisi energi kita.

Alasan ketiga yaitu Buah sangat besar manfaatnya bagi tubuh. Baik itu dijuice ataupun dimakan langsung. Serta baik dikonsumsi dalam keadaan perut yang masih kosong, karena life enzymnya dapat diserap semua oleh sistem pencernaan. Berikan jarak sekitar 30 menit untuk kemudian makan besar. Dan jangan campur buah tersebut dengan gula, kopi, susu atu apapun, biar semua nutrisi terserap baik dalam tubuh.

Nah, itulah tips menu buka puasa sehat yang patut anda terapkan. Pola buka puasa ini merupakan setengah dari detoksikasi, karena lambung dalam keadaan yang benar – benar kosong. Sehingga beri kesempatan untuk saluran pencernaan dalam keadaan santau saat mencerna nutrisi serta life enzyme dari juice atau buah segar tersebut.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: