Stop! Agar Si Kecil Tidak Tersedak, Lakukan Tips Ini

tips-aman-mengatasi-bayi-tersedak

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya tersedak, terlebih sering terjadi anak-anak atau bayi yang baru belajar untuk menelan makanan. Tersedak banyak terjadi oleh beberapa sebab, yang salah satunya terlalu tergesa-gesa saat makan, bahkan ada suatu kejadian yang bikin miris dimana kejadian menimpa anak balita saat makan, kemudian tersedak yang mengakibatkan kesulitan bernafas dan berlanjut pada kematian.

Tentulah kita semua tidak ingin terjadi pada kita. Nah bagi ibu-ibu yang memiliki anak bayi, banyak cara yang perlu anda perhatikan saat mengajari sik kecil untuk makan agar tidak tersedak, serta beberapa tips untuk si buah hati

  • Sebisa mungkin temani bayi Anda saat makan, jangan membiarkan mereka makan sendirian. Anda juga perlu belajar bagaimana menangani bayi saat tersedak.
  • Berikan makanan yang lembut dan mudah larut pada bayi Anda. Hindari untuk memberi kacang, stik biskuit, keripik, atau makanan-makanan yang susah dicerna oleh bayi.
  • Jangan memberi madu pada anak Anda sebelum usia 18 bulan. Tahukanh Anda ternyata madu mengandung Clostridium Botulinum yang bisa menyebabkan kelumpuhan dan masalah pernafasan.
  • Jika ada anggota keluarga yang mempunyai alergi pada makanan tertentu, perhatikan anak Anda apakah ia juga alergi ketika makan makanan tersebut.
  • Buat makanan secukupnya, jangan menyimpan makanan sisa. Sisa makanan bisa menjadi sarang bakteri.
  • Jangan memanaskan makanan dengan suhu terlalu tinggi. Makanan yang terlalu panas bisa melukai mulut bayi Anda .
  • Jangan memilih makanan yang rendah lemak, usia bayi Anda masih membutuhkan lemak untuk tumbuh kembangnya.
  • Jangan meletakkan sereal atau bubur yang semi-solid pada botol bayi Anda. Selain membuat bayi mudah tersedak, tidak baik juga untuk pertumbuhan gigi bayi Anda.
  • Saat di mobil yang sedang berjalan, guncangan akan semakin terasa. Jadi jangan memberi makan bayi Anda saat di dalam mobil, kemungkinan tersedak pun akan tinggi.
  • Jika si kecil makan makanan yang lengket di gigi atau gusi, jangan lupa untuk membersihkan gusi dan giginya dengan lap basah sampai ia cukup umur untuk menggosok gigi.

Nah diatas beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membantu si kecil untuk belajar mencerna dan beberapa tips sampingan yang perlu anda perhatikan untuk kesehatan sang buah hati. Selalu jaga buah hati anda agar hal-hal yang tidak diinginkan pun tidak terjadi.

Iklan

Ditandai:,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: