Hasil Debat Capres Putaran III Jokowi menjawab soal penjualan Indosat

Debat capres putaran ke 3 yang dilaksanakan malam ini, Minggu 22 Juni 2014 mengangkat tema mengenai Politik Internasional dan Ketahanan Nasional dimana dalam salah satu sesi tanya jawab, calon presiden Prabowo Subianto memberikan pertanyaan soal pernjualan Indosat yang pernah dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Hasil Pemenang Debat Capres Putaran ke 3 Tadi Malam
“Kalau bicara drone dan sebagainya, masalah satelit jadi sangat strategis dalam ketahanan nasional kita. Masalahnya, waktu pemerintahan dipimpin Megawati menjual perusahaan sangat strategis, Indosat, yang saat itu punya dua posisi geostasioner di atas wilayah udara. Apabila jadi presiden, apa langkah bapak? apa akan beli kembali?” tanya Prabowo.

Menjawab pertanyaan itu, Jokowi menjelaskan kondisi ekonomi pada tahun 1998, di mana kondisi ekonomi masih belum baik. Jokowi meminta agar prabowo tidak melihat kondisi ekonomi Indonesia saat ini yang cukup baik.

“Tapi bicaralah saat krisis keuangan, APBN kita berat. Waktu Indosat kita jual, harusnya dilihat ada klausaul apa di situ,” ujarnya.

Jokowi memaparkan bahwa salah satu klausul yang disepakati pemerintah saat melepas saham Indosat ketika itu adalah adanya opsi Indosat kembali dibeli. “Ke depan harus kita buy back, ambil kembali saham jadi milik kita sndiri. Oleh karena itu, ke depan pertumbuhan ekonomi kita harus di atas 7 persen,” ungkap Jokowi.

Pada masa pelaksanaan pemilihan presiden kali ini, isu masalah pelepasan aset negara kepada pihak asing ditujukan kepada Jokowi. Hal ini tidak lepas dari keputusan Megawati yang menjaul Indosat kepada Singapore Technologies Telemedia (STT).

Prabowo kembali Sependapat dengan Jokowi

Jokowi ingin mengembangkan industri pertahanan nasional. Prabowo sepakat dengan keinginan Jokowi.

“Yang pertama panser anoa harus kita kembangkan, terus industri pertahanan kita. Mungkin nanti ada panser banteng. Sehingga kita betul-betul mempunyai kekuatan pertahanan,” kata Jokowi dalam debat di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Utara, .

Jokwi mengatakan industri pertahanan harus dikembangkan dengan baik agar disegani bangsa lain. “Sehingga negara ita tidak tergantung dengan peralatan alutsista negara lain,” ujarnya.

Prabowo sependapat dengan Jokowi. Menurut dia, industri pertahanan kita memang harus dikembangkan.

“Saya sependapat dengan Bapak, kita harus memperkuat industri dalam negeri, kita harus mendukung pengusaha membuat industri pertahanan dalam negeri,” ujarnya.

Saat ini Debat Capres 2014 sesi ke tiga masih berlangsung dan memasuki sesi tanya jawab, untuk melihat perbandingan visi dan misi kedua capres mengenai tema hari ini, kita akan terus memantau hasil debat capres 2014 dan juga melihat pemenang debat capres malam ini versi masing masing pengamat.

Prabowo juga Sependapat dengan Kebijakan mengenai TKI

Prabowo Subianto juga ditanya soal upaya perlindungan TKI. Apa yang akan dilakukannya? Rupanya sependapat dengan langkah capres Joko Widodo.

Awalnya Prabowo sempat bicara tentang latar belakang seorang TKI bekerja ke luar negeri. Menurutnya itu karena kemiskinan.

“Karena mencari sesuap nasi untuk menghidupi anak-anak mereka atau orang tua mereka, mereka datang dari tempat sangat miskin,” kata Prabowo di Hotel Holiday Inn, Jakut, Minggu (22/6/2014)

Pengalaman Prabowo tinggal di luar negeri dan membantu Wilfrida Soik saat berkasus di Malaysia menjadi dasar argumen di atas. Menurutnya, uang adalah faktor utama dalam permasalahan TKI.

Nah, saat menjelaskan solusi penting dari masalah di atas, Prabowo kemudian mengutarakan pendapatnya yang sama dengan Jokowi. Yakni, menseleksi, mendidik dan menyiapkan sertifikasi para calon TKI.

“Dalam hal ini sependapat dengan Pak Jokowi. Kalau beliau punya pendapat bagus, saya hormati dan katakan itu bagus. Kita harus menseleksi, mendidik dan menyiapkan TKI, mensertifikasi. Karena masalahnya adalah diselundupkan ini adalah illegal human trafficking,” tegas Prabowo.

Dengan persiapan yang baik, maka penghasilan para TKI pun akan baik. “Pekerjaan mereka tidak hanya jadi tukang sapu atau PRT saja,” imbuhnya.

Saat ini debat capres masih terus berlangsung dan memasuki sesi tanya jawab, kita pasti akan mengetahui siapa pemenang debat capres 2014 sesi ke 3 malam ini. Dan menurut Jadwal pada debat putaran ke 4 akan diadakan debat Cawapres dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK dan akan disiarkan secara langsung oleh RCTI dan MNCTV pada 29 Juni 2014.

Iklan

Ditandai:, , ,

One thought on “Hasil Debat Capres Putaran III Jokowi menjawab soal penjualan Indosat

  1. satria pandawa Juni 23, 2014 pukul 9:03 am Reply

    Soal tank Leopard ; Mar 8, 2013 – “Lihat saja perang di Vietnam satu tank Leopard pun tidak pernah dimanfaatkan kok kita malah ikut-ikutan. Mau dimanfaatkan di jalan, rusak, …kata Habibie.
    Menurut saya yang penting komisinya gede dan bayar di LN lagi sehingga nggak bisa dicium PPATK. Apalagi tank Leopard mau ditaruh di Kalimantan tanah bergambut, benar-benar buang uang rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: