Pemenang debat capres putaran 3 tadi malam

Pemenang Debat Capres putaran 3 tadi malamDebat Capres 2014 sudah memasuki putaran yang ketiga, dimana dalam debat yang digelar Minggu (22/6/2014) malam dengan tema “Politik Internasional dan Ketahanan Nasional”. Menurut pengamat politik Heri Budianto mengatakan bahwa dalam debat tadi malam, Prabowo Subianto, terlihat lebih menguasai materi. ( Baca Hasil debat Capres putaran ke III )

Heri menilai, tema debat tadi malam dikuasai dengan baik oleh Prabowo karena berkaitan erat dengan latar belakangnya di dunia militer.

“Kayaknya Jokowi kalah malam ini. Prabowo unggul karena background dari pertahanan. Ini kan ‘makanannya’ Prabowo,” ujar Heri seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (22/6/2014) malam.

Sementara itu menurut Heri, Jokowi yang merupakan Capres nomor urut 2, sudah memperlihatkan upayanya untuk menyampaikan pandangannya terkait berbagai hal meskipun masih kurang menguasai materi debat.

Namun, dalam menjawab beberapa pertanyan, Jokowi “lari” dari konteks yang dimaksud. Ia mencontohkan pertanyaan Prabowo mengenai konflik Laut Tiongkok Selatan. Heri mengatakan, jawaban yang diberikan Jokowi cenderung normatif dan kurang spesifik. Hal tersebut, kata dia, dapat dimaklumi karena Jokowi tidak berlatar belakang militer seperti Prabowo sehingga tidak memahami secara detil.

“Terlihat sekali Jokowi seperti tidak menguasai arti penting Laut Tiongkok Selatan bagi Indonesia. Memang tidak terkejut, soal posisi pertahanan dan keamanan Prabowo kan seorang militer jadi dia mengetahui persis soal itu,” ujarnya.

Pendapat Mafud MD

Mahfud MD memberi nilai 5-0 bagi Prabowo untuk debat berhadapan dengan calon presiden Joko Widodo, Minggu (22/6/2014) malam. Menuru dia, Jokowi tidak menguasai isu debat.

“Nilainya 5-0. Terlihat sekali tadi itu, Jokowi tidak tahu bedanya pertahanan dan ketahanan,” ujar Mahfud usai debat ketiga antarkandidat yang digelar Komisi Pemilihan Umum sebagai bagian dari tahapan Pemilu Presiden 2014, Minggu.

Mahfud memberikan contoh, saat ditanya tentang kehanan nasional oleh Prabowo, Jokowi justru menjawab tentang pertahanan. Hal lain, imbuh dia, saat Prabowo menanyakan soal sikap Indonesia terkait permasalahan Laut China Selatan, Jokowi hanya memberikan jawaban yang sangat umum.

“Padahal di situ (Laut China Selatan) ada keterkaitan Indonesia,” kata Mahfud yang pernah menjadi menteri pertahanan ini. Dia juga mengkritik jawaban Jokowi terkait rencana menambah personel TNI. “Seharusnya kan dia menjawab soal sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta,” kata Mahfud.

Pemenang Debat Versi Twitter

Acara debat ketiga calon presiden ini kembali menjadi trending topic di Twitter. Lima besar trending topic di Twitter berisikan tentang debat capres, Ahad 22 Juni 2014. Urutan pertama diduduki oleh cuitan dengan hashtag #TegasPilih2, kedua #DebatCapres3, disusul dukungan kepada calon presiden Prabowo Subianto dengan bertagar #No1_PrabowoHatta.

Adapun urutan keempat ditempati oleh topik dukungan kepada Joko Widodo dengan tagar #JokowiJK_ADALAHKITA, serta hashtag #IndonesiaAMAN berada di urutan kelima.

“No1_PrabowoHatta Jokowi tidak pernah mengakui kesepakatan pendapat, padahal pendapatnya sama kaya prabowo!!! Kalau orang egois emang gitu,” demikian tulisan akun ‏@reggiepramudia.

“Secara overall Pak Bowo menguasai debat kali ini. Bismillah semoga menang Pak #No1_PrabowoHatta,” kata pemilik akun @mrnugrah.

“Kata Pak Jokowi indosat bisa kebeli lagi, mendingan dibuat ngembangin 4G aja dah #No1_PrabowoHatta,” ucap ‏@anggriawaneka.

Tak kalah dengan pendukung Prabowo, para pendukung Jokowi juga meramaikan dukungannya. “TKI harus diseleksi. Kita harus mengirim TKI yang berbobot dan profesional @jokowi_do2 #TegasPilih2 #JokowiJK_AdalahKita,” demikian cuit @akmalzai.
“Tegas = Berani mengambil Resiko. Tegas bukan di model wajah dan cara ngomong doang pak! #TegasPilih2 #JokowiJK_ADALAHKITA,” ucap @graciellaeunike.

“Hahaha prabowo nyamain mulu ga kreatifwkwkwk jokowi yg bukan anggota militer aja faham jokowi good job;)#DebatCapres3 #JokowiJK_ADALAHKITA,” ucap @monica_714.

Debat bertema “Politik Internasional dan Keamanan Nasional” ini dipandu oleh moderator Hikmahanto Juwana dan berlangsung di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta.

Masih akan ada 2 putaran lagi dalam debat Capres dan Cawapres 2014 ini, dimana menurut jadwal, putaran ke 4 akan digelar debat Cawapres yang akan mengusung tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEKdan akan digelar pada tanggal 29 Juni 2014 mendatang.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: