Hasil sidang Isbat Pemerintah, Awal puasa jatuh hari Minggu 29 Juni 2014

hasil sidang isbat awal puasa ramadhan 1435HPemerintah sudah selesai menggelar sidang isbat untuk menentukan awal puasa ramadhan 1435 H, dan menurut konfrensi pers yang dilaksanakan oleh Menteri Agama RI, menyatakan bahwa 1 Ramadhan 1435 atau awal puasa 2014 ini jatuh hari Minggu tanggal 29 juni 2014.

Sidang isbat tahun ini tidak seperti bisanya yang mana sidang pemerintah disiarkan secara langsung dilayar kaca televisi, akan tetapi tahun ini hanya hasilnya saja yang bisa disiaarkan kepada masyarakat.

Awal puasa 2014 untuk Muhammadiyah sebelumnya sudah diumumkan jatuh pada hari sabtu 28 Juni 2014 besuk, namun buka berarti perbedaan tersebut mempengaruhi ke khusukan kita dalam melaksanakan ibadah suci puasa ramadhan tahun ini.

Menteri Agama Lukman Hakim Sjaifuddin menjelaskan, pihaknya telah menempatkan petugas di 63 titik yang dijadikan lokasi pemantauan hilal. Hasilnya, tak ada satu pun petugas yang melihat hilal. Dalam sidang isbat disepakati untuk melakukan ijtimak atau penggenapan bulan Syakban menjadi 30 hari. Dengan perhitungan itu, maka Kemenag menetapkan awal Ramadhan jatuh pada Minggu (29/6/2014) lusa.

“Tidak satu pun para saksi yang ditunjuk menetapkan yang berhasil melihat hilal. Dengan dasar laporan ketinggian hilal tidak sampai 1 derajat, maka dilakukan penggenapan bulan Syakban dan disepakati 1 Ramadhan jatuh bertepatan dengan hari Ahad, 29 Juni 2014,” kata Lukman.

Dalam sidang isbat, hadir perwakilan dari tokoh dan pengurus organisasi Islam, para pakar astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Planetarium, serta para duta besar dari negara sahabat.

Iklan

Ditandai:, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: