Hasil Sidang Isbat penentuan awal Puasa Ramadhan 2014 bisa diketahui nanti sore

hasil sidang isbat awal puasa ramadhan 1435HUntuk menentukan awal Puasa Ramadhan 1435 H pemerintah akan menggelar sidang isbat pada hari ini, Jumat 27 Juni 2014. Seperti yang sudah kami kabarkan sebelumnya bahwa Awal Puasa Ramadhan 2014 versi Muhammadiyah sudah ditentukan pada hari Sabtu 28 Juni 2014 mendatang. dan untuk persiapan silakan baca (Jadwal Puasa 2014 )

Update Hasil sidang isbat baca ( Hasil sidang Isbat Pemerintah, Awal puasa jatuh hari Minggu 29 Juni 2014 )

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Kemenag saat ini telah menggelar lokakarya yang membahas penentuan awal Ramadan 1435H. Hasilnya, peluang terjadi perbedaan awal Ramadan masih akan tetap terbuka karena tidak terjadinya titik temu dalam kriteria posisi hilal (bulan).

Muhammadiyah sudah menentukan 1 Ramadan jatuh pada Sabtu 28 Juni. Bila nanti setelah lokakarya masih terjadi perbedaan awal Ramadan, Menag berharap umat Islam untuk saling menghargai dan menghormati segala perbedaan.

Ia mengingatkan bahwa perbedaan penerapan Ramadan merupakan persoalan klasik karena adanya perbedaan metode yang digunakan yakni hisab dan rukyat. Pemerintah sendiri tetap wajib untuk menetapkan awal Ramadan sebagai bentuk tanggung jawab negara.

Menag meminta semua pihak untuk menghormati hasil sidang isbat nanti, meski tidak ada paksaan. “Indonesia bukan negara agama seperti Arab Saudi. Jadi Pemerintah tidak bisa memaksakan kehendaknya. Berbeda itu wajar,” kata Lukman seperti dilansir setkab.go.id, Selasa 24 Juni 2014.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sidang isbat kali ini tidak akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi. Kementerian Agama hanya membolehkan televisi melakukan siaran langsung saat hasil sidang isbat disampaikan melalui konferensi pers usai pelaksanaan sidang.

“Banyak masukan yang datang ke kami yang menyarankan sebaiknya proses diskusi dalam sidang isbat tidak perlu ditayangkan secara langsung melalui televisi,” ujar Lukman.

Menurut Lukman, pembahasan dalam proses sidang isbat itu menyangkut hal yang sangat teknis terkait penentuan awal bulan, ilmu perbintangan, dan teknis hisab-rukyat yang belum tentu bisa dipahami oleh masyarakat, apalagi jika tidak mengikutinya secara utuh. Hal ini dikhawatirkan berpotensi menimbulkan kesalahpahaman.

“Ketidakpahaman ini bisa menimbulkan kesalahpahaman. Karenanya banyak masukan agar proses diskusi tidak perlu ditayangkan secara langsung,” jelas dia.

Sedangkan hasil sidang isbat yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat, menurut Menag, tetap akan disampaikan secara langsung kepada masyarakat melalui siaran langsung televisi. “Hasil atau kesimpulannya seperti apa, lalu keputusannya bagaimana, itu yang ditunggu masyarakat, dan karenanya pers perlu meliput itu,” tukas politisi PPP itu.

Awal Puasa 2014 menurut Tarekat Naqsabandiyah

Penganut Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat (Sumbar) memastikan akan menunaikan ibadah Puasa Ramadan 1435 Hijriyah mulai pada hari ini, Jumat 27 Juni 2014.

Sekretaris Jamaah Naqsabandiyah kota Padang, Edizon mengungkapkan penentuan 1 Ramadhan itu sudah dilakukan melalui metode hisab Munjid (perhitungan kalender Naqsabandiyah) dan rukyat (melihat bulan) pada 22 Syaban.

“Saat itu bulan sudah tampak, dan dipastikan pada 27 Juni 2014 kami harus sudah berpuasa,” katanya di Padang, Kamis (26/6/2014).

Ia menjelaskan, penglihatan bulan pertama kali dilakukan pada tengah malam tanggal 8 Syaban. Kemudian, penglihatan bulan malam hari pada 15 Syaban dan penglihatan pada fajar pada 22 Syaban.

“Bulan jelas terlihat, setelah itu kami cocokkan lagi dengan penghitungan kalender dengan cara menghitung 360 hari dari awal puasa tahun lalu,” jelasnya.

Dengan demikian, lebih dari lima ribu jamaah Naqsabandiyah Sumbar yang tersebar antara lain di Padang, Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Solok akan menggelar salat tarawih pada Kamis 26 Juni 2014 malam.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: