Berbagai manfaat kencing Unta

Kencing Unta memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia, dimana air kencing unta ini bisa dijadikan obat, berikut ini artikel mengenai 7 manfaat air kencing unta seperti dilansir dari detik.com.
Manfaat kencing unta untuk kesehatan
Allah swt menciptakan alam semesta ini beserta dengan isinya tentulah tidak sia-sia. Allah menundukkan alam semesta untuk manusia. Dalam artian, memberikan kemanfaatan yang banyak dalam setiap ciptaannya itu untuk digunakan dalam kehidupan manusia. Tidak ada satupun ciptaan-Nya yang sia-sia, karena semmuanya telah diatur sesuai dengan takaran dan perhitungan yang sangat detail oleh Allah swt.

Seperti dalam air kencing binatang unta. Tahukah Anda dalam air kencing unta ternyata mengandung banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan manusia?

Cendekiawan muslim Nadiah Thayyarah dalam kitabnya yang sudah diterjemahkan ‘Buku Pintar Sains dalam Al Quran’ mengatakan, selama ribuan tahun air kencing unta sudah digunakan dalam berbagai pengobatan. Nadiah mengutip ayat Al Quran:

“Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya? Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan. Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?” (Yasin: 71-73).

Air kencing unta dapat digunakan dalam perawatan berbagai penyakit. Air kencing unta tidak najis. Nadiah mengambil pendapat mazhab Malikiyah dan Hanabilah, serta sebagian dari ulama Syafiiyah, seperti Ibnu Huzaimah, Ibnu Mundzir, Ibnu Hibban, dan Abu Said al Isthihri yang berpandangan tidak najisnya air kencing binatang ternak seperti unta.

Penggunaan air kencing unta untuk pengobatan dibolehkan, karena Rasulullah tidak pernah menganjurkan pengobatan dengan sesuatu yang najis. Riset dan penelitian ilmiah membuktikan bahwa air kencing unta mengandung banyak manfaat.

Berikut adalah 7 manfaat madu bagi kesehatan:

1. Air kencing unta mengandung kadar potassium yang tinggi. Bahan ini dapat mengganti kehilangan pottaassium pada pasien edema. Air kencing unta juga mengganti kekurangan protein dan albumin yang tidak bisa dipenuhi secara cukup oleh liver yang mengalami sirhosis.

2. Air kencing unta membantu menyembuhkan bisul dan luka, merangsang pertumbuhan rambut (baik di kepala maupun di wajah), menambah kilau rambut, menghilangkan ketombe di kepala, dan mengobati penyakit-penyakit kulit.

3. Kadar garam yang tinggi pada air kencing unta dapat membunuh bakteri dan jamur. Oleh sebab itu, ia sangat berguna dalam mengobati penyakit-penyakit bakterial.

4. Air kencing unta dapat membantu mengobati pembusukan gigi jika digunakan untuk berkumur.

5. Air kencing unta dapat mengobat luka kering maupun basah yang mengeluarkan nanah.

6. Air kencing unta dapat mengobati penyakit ginjal yang sulit diobati oleh obat-obatan kimia seperti bactrim.

7. Air kencing unta dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker setelah meminumnya selama beberapa minggu.

Penjelasan tentang Unta

Unta atau Onta adalah dua spesies hewan berkuku belah dari genus Camelus (satu berpunuk tunggal – Camelus dromedarius, satu lagi berpunuk ganda – Camelus bactrianus) yang hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun.

Domestikasi unta oleh manusia telah dimulai sejak kurang lebih 5.000 tahun yang lalu. Pemanfaatan unta antara lain untuk diambil susu (yang memiliki nilai nutrisi lebih tinggi dari pada susu sapi) serta dagingnya, dan juga digunakan sebagai hewan pekerja.

Seperti yang diketahui, unta hidup di padang pasir yang memiliki range temperatur udara yang mampu membunuh mayoritas makhluk hidup. Selain itu, mereka mampu untuk tidak makan dan minum selama beberapa hari.

Ada banyak hal yang membuat mereka mampu beradaptasi. Salah satunya adalah punuknya. Banyak orang mengira punuknya menyimpan air, tapi sebenarnya tidak. Punuk unta menyimpan lemak khusus, yang pada suatu saat bisa diubah menjadi air dengan bantuan oksigen hasil respirasi. Satu gram lemak yang ada pada punuk unta bisa diubah menjadi satu gram air.

Kemampuan adaptasi lainnya yang luar biasa adalah, sistem respirasinya meninggalkan sedikit sekali jejak uap air. uap air yang keluar dari paru-paru diserap kembali oleh tubuhnya melalui sel khusus yang terdapat di hidung bagian dalam, membentuk kristal dan suatu saat dapat diambil.

Tubuh unta dapat bertahan hingga pada suhu 41 derajat celcius. Lebih dari itu, unta mulai berkeringat. Penguapan dari keringat yang terjadi hanya pada kulitnya, bukan pada rambutnya. Dengan cara pendinginan yang efisien itu, unta mampu menghemat air cukup banyak.

Unta mampu bertahan dengan kehilangan massa sekitar 20%-25% selama berkeringat. Mayoritas makhluk hidup hanya mampu bertahan hingga kehilangan massa sekitar 3%-4% sebelum terjadi gagal jantung akibat mengentalnya darah. Meski unta kehilangan banyak cairan tubuh, darahnya tetap terhidrasi, hingga batas 25% tercapai.

Ada banyak hal mengapa darah unta tidak mengental pada kondisi di mana darah mayoritas makhluk hidup sudah mengental. Sel darah merah unta berbentuk oval, bukan bulat seperti makhluk hidup lainnya. Unta juga memiliki sistem imunitas yang cukup unik. Semua mamalia memiliki antibodi berbentuk Y dengan dua rantai panjang sepanjang Y itu dengan dua rantai pendek di setiap ujung dari Y tersebut, tapi unta hanya memiliki dua rantai panjang yang menjadikannya berbentuk lebih kecil sehingga mengurangi kemungkinan darah akan mengental.

Ginjal dan usus mereka sangat efisien dalam menyaring air. Bentuk urin mereka sangat kental dan kotoran mereka sangat kering sehingga bisa langsung dibakar ketika dikeluarkan.

Demikian 7 manfaat air kencing unta untuk kesehatan manusia dan juga mengetahui mengenai hewan unta ini.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: