Diving Robben dan Wasit singkirkan Meksiko dari Piala Dunia 2014

Hasil Belanda vs MeksikoPenggemar Meksiko pastinya kecewa berat dengan hasil pertandingan babak 16 besar saat melawan Belanda, karena mereka harus kalah dengan cara yang sangat menyakitkan. Meksiko dikalahkan Belanda lewat penalti di injury time. Pelatih Miguel Herrera menyebut wasit lah yang membuat skuatnya tersingkir dari Piala Dunia, dengan membiarkan Arjen Robben melakukan diving sampai tiga kali.

Kejutan besar lain sepertinya akan terjadi saat Meksiko berhadapan dengan Belanda di babak 16 besar Piala Dunia. Sempat unggul lebih dulu melalui Dos Santos di awal babak kedua, Belanda kemudian berhasil membalikkan keadaan melalui gol Wesley Sneijder dan penalti Klas-Jan Huntelaar.

Yang kemudian jadi kontroversi adalah penyebab terjadinya penalti di menit kedua injury time. Arjen Robben ketika itu terjatuh dalam perebutan bola dengan Rafael Marquez. Kubu Meksiko sangat yakin Robben melakukan diving, sebagaimana sudah dilakukan sebelumnya di laga yang sama.

Pelatih Miguel Herrera pun menyalahkan wasit atas hal tersebut. Dia menyebut wasit Proenca yang asal Portugal telah membiarkan Robben melakukan diving di babak pertama tanpa memberi kartu kuning sebagai peringatan. Jika pada kesempatan pertama diving dapat kartu, Robben disebutnya tidak akan berani lagi ‘menyelam’ di sisa laga.

“Dia diving tiga kali, dia seharusnya dapat kartu di kesempatan pertama,” seru Herrera usai pertandingan.

Herrera juga mengritik keputusan FIFA yang memakai wasit asal Eropa untuk pertandingan tersebut. Keberpihakan wasit disebutnya tidak akan terjadi jika yang memimpin adalah wasit asal Afrika atau Asia.

Secara keseluruhan kubu Meksiko mengritik performa wasit yang memimpin laga-laga mereka sejak fase grup. Korp baju hitam disebutnya sering membuat keputusan yang merugikan.

“Sepertinya, buat saya, alasan kekalahan ini adalah wasit, si orang dengan peluit. Dia membuat kami gagal melangkah ke babak selanjutnya. Jika wasit mulai membuat kesalahan yang sebenarnya tidak terjadi, maka Anda membuat hal-hal yang mempengaruhi Piala Dunia berada di luar tangan Anda. Kami berharap komite wasit memperhatikan hal tersebut dan dia (wasit Proenca) pulang ke rumah, seperti kami.”

“Kami akan pulang besok atau besok lusa. Kami harap wasitnya juga juga pulang,” tuntas Herrera dikutip dari Reuters.

Iklan

Ditandai:,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: