Kalahkan Yunani lewat adu penalti, Kosta Rika bertemu Belanda di 8 Besar

Hasil Kosta Rika vs Yunanai, 16 Besar Piala dunia 2014Kosta Rika berhasil maju ke babak perempat final setelah mengalahkan Yunani lewat adu penalti pada laga 16 besar Piala Dunia 2014 di Itaipava Arena Pernambuco, Recife, Minggu (29/6/2014). kedua tim tidak bisa mencetak gol di babak pertama. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum,

Kosta Rika memimpin lebih dulu setelah Bryan Ruiz mencetak gol pada awal babak kedua. Keunggulan Kosta Rika ini bertahan hingga menit-menit akhir waktu normal.

Akan tetapi, saat laga memasuki injury time, Yunani bisa menyamakan kedudukan. Tembakan Sokratis Papastathopoulos membuat skor berubah menjadi 1-1. Laga pun dilanjutkan ke extra time.

Karena skor 1-1 terus bertahan hingga extra time 2×15 menit habis, adu penalti menjadi jalan untuk mencari pemenang. Dalam adu penalti ini, Kosta Rika menang 5-3.

Lawan Kosta Rika di perempatfinal adalah Belanda. Belanda lebih dulu lolos setelah menang dramatis 2-1 atas Meksiko. ( Baca Belanda taklukkan Meksiko 2-1 dan lolos ke perempat final )

Kosta Rika tampil dengan susunan pemain terbaik yang biasa dipergunakan di Piala Dunia 2014. Pelatih Jose Luis Pinto masih percaya dengan formasi 5-4-1 yang sukses membawa Kosta Rika menjadi juara Grup D.

Sementara itu, Yunani tetap mencoba tampil menyerang dengan skema 4-3-3. Giorgios Samaras, Dimitris Salpingidis, dan Lazaros Christodoulopolous menjadi tumpuan Yunani di lini depan.

Peluang pertama pada laga tersebut terjadi pada menit ke-2 melalui Christodoulopolous. Akan tetapi, sepakan Christodoulopolous masih melenceng dari sasaran.

Tiga menit berselang, Kosta Rika gantian mengancam gawang Yunani. Tendangan Christian Gamboa setelah menerima umpan Bryan Ruiz masih bisa dihentikan kiper Orestis Karnezis.

Memasuki menit ke-15, Yunani kembali berpeluang mencetak gol. Kali ini, sundulan Sokratis Papastathopoulos nyaris membobol gawang Kosta Rika andai bola tidak meleset tipis dari sasaran.

Pada menit ke-37, Yunani berpeluang besar membuka keunggulan. Umpan silang Jose Holebas mengarah ke Salpingidis yang berada di tiang jauh. Akan tetapi, kegemilangan Keylor Navas mampu menggagalkan sepakan jarak dekat Salpingidis. Hingga babak pertama usai, skor tetap 0-0.

Tujuh menit memasuki babak kedua, Kosta Rika mampu membuka keunggulan lebih dahulu. Sebuah umpan Cristian Bolanos disambut tembakan mendatar Ruiz ke pojok gawang Yunani. Kiper Karnezis tidak mampu menghentikan bola yang masuk ke gawangnya.

Akan tetapi, Kosta Rika harus bermain dengan sepuluh pemain pada menit ke-66. Oscar Duarte menerima kartu kuning kedua setelah menjegal Jose Holebas.

Tanpa satu pemain di lini belakang, Kosta Rika mulai bermain bertahan menjaga keunggulan. Yunani lebih banyak melakukan serangan demi mencetak gol penyeimbang.

Upaya Yunani akhirnya menemui hasil jelang laga usai. Pada menit ke-91, sebuah tendangan Theofanis Gekas sempat diblok Navas. Namun, bola muntah disambar Sokratis Papastathopoulos yang membuat gawang Kosta Rika bergetar. Skor 1-1 bertahan pada waktu normal dan laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Pada babak perpanjangan waktu, Yunani yang unggul jumlah pemain lebih banyak mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-94, peluang Yunani melalui Gekas masih gagal berujung gol.

Pun dengan kesempatan emas Kostas Katsouranis pada menit ke-100. Tembakannya masih bisa diblok bek Kosta Rika, Geancarlo Gonzalez.

Memasuki menit ke-113, serangan balik cepat Yunani membuat lini belakang Kosta Rika kocar-kacir. Akan tetapi, peluang tendangan Christodoulopoulos bisa dihentikan Navas dengan sempuna. Pertandingan berakhir 1-1 hingga 120 menit dan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, seluruh eksekutor Kosta Rika berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna. Sementara itu, eksekutor keempat Yunani, Gekas, tidak berhasil setelah tendangannya diblok Navas.

Keberhasilan ini membawa Kosta Rika ke babak perempat final Piala Dunia 2014 untuk menantang Belanda di Arena Fonte Nova, 5 Juli 2014.

Susunan pemain Kosta Rika vs Yunani
Kosta Rika: 1-Keylor Navas; 16-Christian Gamboa (2-Johnny Acosta 77), 6-Oscar Duarte, 3-Geancarlo Gonzalez, 4-Michael Umana, 15-Junior Diaz; 10-Bryan Ruiz, 5-Celso Borges, Yeltsin Tejeda (22-Jose Cubero 66), 7-Cristian Bolanos (14-Randall Brenes 83); 9-Joel Campbell
Pelatih: Jose Luis Pinto

Yunani: 1-Orestis Karnezis; 15-Vassilis Torosidis; 4-Kostas Manolas, 19-Sokratis Papastathopoulos, 20-Jose Holebas; 2-Giannis Maniatis (21-Kostas Katsouranis 78), 10-Giorgios Karagounis, 22-Andreas Samaris (9-Kostas Mitroglou 58); 14-Dimitris Saplingidis (17-Theofanis Gekas 69), 16-Lazaros Christodoulopoulos; 7-Giorgios Samaras
Pelatih: Fernando Santos

Wasit: Ben Williams (Australia)

Untuk Melihat Video Highlight dan gol Kosta Rika vs Yunani silakan menuju ke halaman berikut ini

Iklan

Ditandai:, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: