Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat PuasaPuasa adalah kewajiban untuk tindakan yang dilakukan oleh seseorang secara sengaja untuk tidak makan, minum ataupun perbuatan yang dilarang dapat membatalkan niat berpuasa tersebut. Umat islam pada waktu bulan Ramadhan ini diwajibkan untuk menunaikan rukun islam yang ke empat, yakni berpuasa di bulan Ramadhan. Dengan menahan rasa lapar dan haus tentulah akan menyebabkan bau mulut akan menjadi tidak enak dikarenakan saat menjalankan puasa, mulut akan terasa kering karena kurangnya cairan ludah (saliva), sehingga bakteri-bakteri dalam mulut akan muncul.

Terlepas dari bau mulut akibat puasa, ternyata dengan berpuasa menurut penelitian akan memberikan kesempatan organ-organ pencernaan untuk bisa berelaksasi sehingga organ yang terdapat dalam tubuh dapat dibersihkan serta akan membentuk zat-zat baru yang dibutuhkan untuk tubuh kita. Pembersihan dan pelepasan racun yang terdapat pada organ pencernaan seperti usus, ginjal, kandung kemih, paru-paru ataupun organ lain akan lebih meningkat.

Nah setelah dalam postingan sebelumnya diberikan kepada anda mengenai tips puasa bagi penderita maag , bagi anda yang ingin menjalankan ibadah puasa, namun tidak pede dengan bau mulut, anda bisa menerapkan tips-tips seperti dibawah ini :

  1. Meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu cegah bau mulut disiang hari. Karena air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut terjaga kebersihannya.
  2. Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.
  3. Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.
  4. Hindari makanan berbau kurang sedap seperti petai, jengkol atau durian.
  5. Kurangi merokok atau tidak samasekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.
  6. Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  7. Gunakan obat kumur (mouthwash) untuk hasil mulut yang lebih bersih maksimal.
  8. Gunakan benang gigi (dental Floss) untuk membersihkan sela-sela gigi dari makanan busuk yang menyebabkan bau mulut.
  9. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.
  10. Bila telah melakukan cara-cara diatas bau mulut Anda masih juga belum berkurang. Maka konsultasikanlah ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.

Jangan takut ataupun tidak percaya diri saat berkomunikasi langsung dengan lawan bicara saat menjalankan ibadah puasa, karena bau mulut karena puasa banyak solusinya dan yang terpenting tidak membatalkan ibadah puasa yang sedang anda jalani tersebut.

Iklan

Ditandai:,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: