Argentina lolos ke perempatfinal setelah menang Tipis 1-0 lawan Swiss

Hasil Argentina vs Swiss Babak 16 Besar Piala Dunia 2014

Gelandang tim nasional Argentina, Angel Di Maria, melepaskan tembakan yang berujung gol ke gawang Swiss pada perdelapan final Piala Dunia, Selasa (1/7/2014).

Hasil Argentina vs Swiss di babak 16 Besar Piala Dunia 2014 tadi malam berkesudahan dengan skor akhir 1-0, Argentina lolos ke partai perempat final berkat gol Di Maria di babak tambahan waktu.

laga ini digelar di Arena de Sao Paulo, Selasa (1/7/2014) malam WIB, Mesikupun Argentina lebih menguasai pertandingan dan terus menggempur pertahanan Swiss Akan tetapi penampilan prima Diego Benaglio di bawah mistar gawang membuat Argentina kesulitan mencetak gol.

Sementara itu, Swiss juga bukan tanpa peluang. Namun tim arahan Ottmar Hitzfeld itu buruk dalam penyelesaian akhir.

Hingga 2×45 menit, tak ada gol yang tercipta. Pertandingan akhirnya dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Argentina baru bisa memecah kebuntuan di babak kedua masa perpanjangan waktu. Di Maria menuntaskan umpan Lionel Messi di menit ke-118 untuk memastikan kemenangan Argentina.

Kemenangan ini mengantar La Albiceleste ke babak perempatfinal. Di babak perempatfinal Argentina akan bertemu dengan Belgia yang lolos dengan mengalahkan AS dengan skor 2-1 juga lewat babak perpanjangan waktu.

Argentina menguasai permainan sejak menit awal. Persoalannya, tim Tango kesulitan menciptakan peluang. Swiss tampil disiplin menutup ruang gerak Argentina.

Tidak hanya itu, Lionel Messi yang menjadi senjata utama Argentina terlihat tak berkutik. Saat Messi menguasai bola, pemain Swiss dengan cara apa pun berusaha untuk mematikan pergerakan bintang Barcelona tersebut. Bahkan, tak ada pergerakan berbahaya dari Messi hingga pada menit ke-20.

Permainan Argentina pun terlihat monoton dengan lebih banyak bertumpu kepada Angel Di Maria. Beberapa kali umpan dan tusukan dari pemain Real Madrid tersebut gagal.

Sebaliknya, Swiss lebih tajam. Gawang Argentina nyaris bobol lewat tembakan keras Granit Xhaka jika kiper Sergio Romero tak sigap dalam menepis bola.

Romero kembali melakukan penyelamatan gemilang saat menepis tembakan bebas Xherdan Shaqiri pada menit ke-36.

Meski begitu, kerja sama antara Messi dan Di Maria nyaris membuahkan hasil pada menit ke-40. Messi yang berhasil menembus kotak penalti berhasil memberikan bola kepada Di Maria.

Sayang, tendangan Di Maria masih terlalu lemah sehingga tak menyulitkan kiper Diego Benaglio dalam menangkap bola. Itu menjadi satu-satunya peluang emas Argentina. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Argentina langsung mengambil inisiatif menyerang. Dari sisi kiri, Lavezzi kemudian mengirim umpan kepada Gonzalo Higuain yang ada di dalam kotak penalti. Tapi sontekan Higuain bisa diblok oleh Johan Djourou dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Lima menit laga babak kedua berjalan, Swiss mendapat peluang lewat tendangan bebas Shaqiri. Namun tendangan pemain Bayern Munich itu masih bisa diredam oleh Romero.

Shaqiri kembali menjadi motor serangan Swiss. Kali ini umpannya dituntaskan Drmic dengan sebuah tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Tapi bola masih belum menemui sasaran.

Serangan Argentina kembali dipatahkan oleh penyelamatan bagus Benaglio. Kali ini tembakan Marcos Rojo dari sudut sempit bisa ditepis oleh kiper Swiss itu.

Benaglio lagi-lagi mementahkan peluang emas yang didapat Argentina. Dia sukses menepis tandukan Higuain yang menyambut umpan dari Rojo.

Upaya Messi lewat tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti di menit ke-67 juga belum berbuah gol. Tembakan bintang Barcelona itu melayang tipis di atas mistar gawang Swiss.

Untuk menambah daya gedor, Alejandro Sabella memasukkan Rodrigo Palacio dan menarik keluar Lavezzi di menit ke-74. Palacio langsung mendapat peluang tapi sundulannya menyambut umpan dari Messi masih melebar.

Empat menit berselang, pergerakan Messi mengancam pertahanan Swiss. Dia menusuk ke dalam kotak penalti dan kemudian melepaskan tendangan dengan kaki kiri. Tapi Benaglio kembali bisa menggagalkan upaya Messi itu.

Argentina terus menggempur pertahanan Swiss. Tapi disiplinnya barisan belakang Swiss yang digalang oleh Djourou dkk. bisa meredam serangan Argentina yang dimotori oleh Messi.

Hingga babak kedua berakhir, masih belum ada gol yang tercipta. Pertandingan kemudian dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Argentina akhirnya mampu unggul terlebih dulu berkat gol Di Maria pada menit ke-118. Gol itu berawal dari kerja keras Palacio merebut bola dari tengah lapangan.

Ia kemudian memberikan bola kepada Messi. Pemain Barcelona tersebut melakukan penetrasi cepat ke dekat kotak penalti lawan dan kemudian memberikan bola kepada Di Maria. Menerima umpan Messi, Di Maria melepaskan tendangan mendatar dengan kaki kiri yang membuat bola meluncur ke pojok bawah gawang Swiss.

Setelah itu, Argentina beruntung. Tandukan Dzemali nyaris berbuah gol seandainya tak membentur tiang. Hal itu menjadi pertanda kemenangan Argentina.

Susunan pemain
Argentina: 1-Sergio Romero; 2-Ezequiel Garay, 4-Pablo Zabaleta, 16-Marcos Rojo (Basanta 105), 17-Federico Fernández; 5-Fernando Gago (Biglia 106), 7-Ángel Di María, 10-Lionel Messi, 14-Javier Mascherano; 9-Gonzalo Higuaín, 22- Ezequiel Lavezzi (Palacio 73)
Pelatih: Alejandro Sabella

Swiss: 1-Diego Benaglio; 2-Stephan Lichtsteiner, 13-Ricardo Rodríguez, 20-Johan Djourou, 22-Fabian Schär; 8-Gokhan Inler, 10-Granit Xhaka (Fernandes 66), 11-Valon Behrami, 18-Admir Mehmedi (Dzemaili 113), 23-Xherdan Shaqiri; 19-Josip Drmic (Seferovic82)
Pelatih: Ottmar Hitzfeld

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia).

Untuk melihat video Highlight Argentina vs Swiss silakan meliaht pada tautan berikut ini

Iklan

Ditandai:, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: