Tundukan AS 2-1 Belgia Lolos ke perempatfinal

Hasil Belgia vs Amerika SerikatHasil Piala dunia dini hari tadi antara Belgia vs Amerika Serikat berakhir dengan skor 2-1, setelah bermain imbang tanpa gol waktu normal, tiga gol tercipta di perpanjangan waktu.

Belgia jadi tim terakhir yang meraih tiket ke babak delapan besar. Pada pertandingan yang berlangsung di kota Salvador, Rabu (2/7/2014) dinihari WIB.

Tercatat Whoscored Howard menyelamatkan 16 kali tendangan tepat ke gawang dari para pemain Belgia. Total, Belgia melancarkan 38 usaha untuk menghasilkan gol. Sementara itu, Amerika Serikat hanya melancarkan 15 upaya membobol gawang lawan. Belgia tampil lebih dominan dalam penguasaan bola dengan perbandingan 54%-46%.

Kedua tim tampil sama kuat selama 90 menit. Masuknya Romelu Lukaku di babak tambahan kemudian menjadi pembeda. Gol pertama Belgia yang ditorehkan Kevin de Bruyne tercipta berkat aksi tusukannya, sebelum mencatatkan namanya sendiri di papan skor.

AS pada prosesnya sempat memperkecil ketertinggalan lewat Julian Green. Setelahnya, tak ada lagi gol tercipta.

Dengan kemenangan ini, Belgia melaju ke perempatfinal dan akan menantang Argentina yang lolos terlebih dahulu setelah mengalahkan Swiss ( Baca Argentina lolos ke perempatfinal setelah menang Tipis 1-0 lawan Swiss )

Saat pertandingan baru berjalan dua menit, Belgia sudah membuka peluang lebih dahulu. Mendapatkan umpan terobosan, striker Divock Origi tinggal berhadapan dengan kiper Tim Howard. Akan tetapi, sepakan mendatar Origi bisa diblok Howard dengan menggunakan kaki.

Amerika Serikat gantian memiliki kesempatan pada menit ke-21. Kali ini, sebuah tendangan spekulasi Clint Dempsey masih lemah dan mudah ditangkap Thibaut Courtois.

Pada menit ke-32, pelatih Amerika Serikat, Juergen Klinsmann, dipaksa menarik keluar Fabian Johnson yang mengalami cedera paha. Klinsmann memutuskan mengganti Johnson dengan Deandre Yedlin.

Semenit kemudian, Amerika Serikat memberikan ancaman ke gawang Belgia. Gelandang Jermaine Jones melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, arah bola masih melenceng dari sasaran. Hingga babak pertama berakhir, skor masih tanpa gol.

Belgia langsung menekan sejak peluit babak kedua dibunyikan. Pada menit ke-48, De Bruyne yang berdiri di sisi kanan mendapatkan bola dari Origi. Dia kemudian melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti, menemui kepala Dries Mertens yang menanduk tanpa kawalan. Howard dengan gemilang men-tip bola melewati mistar.

Sebuah kesempatan lain diciptakan oleh Marouane Fellaini pada menit ke-52. Namun upayanya dari jarak jauh masih melambung di atas mistar.

Tekanan berlanjut tiga menit berselang. Vertonghen menusuk ke sisi kiri dan mengirim umpan silang ke muka gawang AS. Tiga pemain Belgia berupaya menjangkau bola, akan tetapi tak satupun berhasil membelokkan ke gawang.

Ancaman belum beranjak dari gawang AS dan Belgia nyaris mendapatkan keunggulan di menit ke-56. Dari sisi kiri, Toby Alderweireld melepaskan umpan silang dan ditanduk oleh Origi. Bola tak mampu dijangkau Howard, tapi dimentahkan oleh mistar gawang.

Giliran Axel Witsel melancarkan sebuah upaya di menit ke-69. Belum juga membuahkan hasil, tendangan kerasnya melenceng tipis di kiri gawang AS.

Tak lama berselang, AS hampir kebobolan. Kevin Mirallas berupaya menusuk ke kotak penalti, tapi kandas oleh tiga pemain yang menghentikannya. Bola kemudian bergulir ke kaki Origi yang tinggal berhadapan dengan Howard. Tendangan dilepaskan, tapi dimentahkan dengan lutut oleh Howard.

Giliran Mirallas yang menebar bahaya ke gawang AS. Berawal dari umpan Hazard ke Origi, bola lalu diteruskan ke Mirallas. Nama terakhir mengarahkan bola ke gawang, lagi-lagi digagalkan Howard.

Howard melanjutkan penampilan impresifnya di menit ke-79, kala mengagalkan tendangan keras nan terarah Hazard dari luar kotak penalti.

Belgia terus menggempur pertahanan AS. Memasuki menit ke-86, Origi melancarkan tendangan keras dari luar kotak penalti meneruskan umpan Hazard. Ditepis melewati mistar oleh Howard.

Di menit ke-90, Howard kembali melakukan penyelamatan gemilang. Dari sebuah serangan balik, De Bruyne mengirim bola ke tengah kotak penalti dan menemukan Kompany tak terkawal. Kapten Belgia itu menyambut, kendati tendangannya tak sempurna bola tetap mengarah ke gawang. Howard yang sempat salah menebak arah susah payah menepis.

Jelang laga berakhir, AS mendapatkan sebuah kesempatan emas. Umpan Jones diterima Chris Wondolowski yang terbebas dari jebakan offside tepat di muka gawang Belgia dan tanpa kawalan. Tapi peluang terbuang sia-sia setelah tendangannya melenceng jauh dari gawang. Babak kedua usai.

Pada babak perpanjangan waktu, pelatih Marc Wilmots memasukkan Romelu Lukaku dan menarik keluar Origi. Masuknya Lukaku langsung memberikan pengaruh positif bagi Belgia.

Tiga menit perpanjangan waktu berjalan, Belgia langsung membuka skor melalui De Bruyne. Gol tersebut berawal dari aksi Lukaku di sisi kanan yang kemudian memberikan umpan kepada De Bruyne. Dengan tenang, De Bruyne melepaskan tendangan mendatar yang bersarang di pojok gawang Amerika Serikat.

Pada menit ke-103, Lukaku kembali menjadi mimpi buruk gawang Amerika Serikat. Kali ini, umpan De Bruyne disambar tendangan keras kaki kiri Lukaku yang menggetarkan gawang Howard untuk kedua kalinya. Belgia memimpin 2-0 atas Amerika Serikat.

Pada menit ke-105, Klinsmann melakukan pergantian pemain. Alejandro Bedoya diganti pemain muda yang bermain untuk Bayern Muenchen, Julian Green. Masuknya Green ternyata membangkitkan Amerika Serikat. Baru dua menit masuk, Green berhasil mencetak gol seusai memanfaatkan umpan lambung Michael Bradley.

Gol Green melecut semangat juang Dempsey dkk. Pada menit ke-114, Amerika Serikat nyaris menyamakan kedudukan. Dempsey tinggal berhadapan dengan Courtois. Namun, tendangan Dempsey bisa diblok Courtois dengan sempurna.

Amerika Serikat gagal mendapatkan gol penyeimbang. Belgia pun membawa kemenangan 2-1 dan berhak maju ke babak perempat final untuk menantang Argentina, di Brasilia, 5 Juli mendatang.

Susunan pemain
Belgia: 1-Thibaut Courtois; 2-Tobias Alderweireld, 15-Daniel van Buyten, 4-Vincent Kompany, 5-Jan Vertonghen; 6-Axel Witsel, 8-Marouane Fellaini; 14-Dries Mertens (11-Kevin Mirallas 60), 7-Kevin de Bruyne, 10-Eden Hazard (22-Nacer Chadli 111); 17-Divock Origi (9-Romelu Lukaku 91)
Pelatih: Marc Wilmots

Amerika Serikat: 1-Tim Howard; 23-Fabian Johnson (2-Deandre Yedlin 32), 20-Geoff Cameron, 5-Matt Besler, 7-DaMarcus Beasley; 11-Alejandro Bedoya (16-Julian Green 105), 3-Omar Gonzalez, 4-Michael Bradley, 13-Jermaine Jones, 19-Graham Zusi (18-Chris Wondolowski 72); 8-Clint Dempsey
Pelatih: Juergen Klinsmann

Wasit: Djamel Haimoudi (Aljazair)

Utuk melihat video Highlight dan video gol Belgia vs Amerika silakan menuju ke halaman berikut ini

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: