Nanang Ma’soem meninggal di pangkuan Jokowi

Pimpinan usaha Al Ma’soem grup Nanang Iskandar Ma’soem wafat di pangkuan Joko Widodo yang Rabu malam kemarin menggelar silaturahmi ke kawasan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Almarhum sempat mengacungkan salam dua jari kepada para undangan sesaat sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Nanang Ma'soem Meninggal di pangkuan jokowi

Foto Jenazah Nanang Ma’soem sebelum dimasukan di liang lahat Detik.com

Nanang meninggal setiba di RS Al Islam Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Rabu (2/7/2014). Sesudah salat Tarawih, Beliau sempat memberikan sambutan di acara Pondok Pesantren Al Ma’soem, Jalan Raya Cipacing No.22, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Turut hadir capres Joko Widodo (Jokowi) dalam acara tersebut. Usai memberi sambutan, tiba-tiba Nanang tak sadarkan diri dan tubuhnya sempat berada di pangkuan Jokowi.

Nanang Ma’soem adalah putra sulung dari sembilan bersaudara dari pengusaha almarhum H. Ma’soem dan Hj. Aisyah. Pria kelahiran 6 Agustus 1948 itu sukses mengembangkan usaha ayahnya menjadi multisektor dengan membangun beragam usaha, antara lain pendidikan, SPBU, air mine­ral, dan apotek.

Lulusan magister ekonomi pertanian ini wafat saat menyambut capres Jokowi di Lapangan Dome, Cikalang, Cileunyi. Sesaat sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, almarhum sempat mengacungkan salam dua jari kepada mereka yang memadati lapangan. Nanang tiba-tiba saja roboh di pangkuan Jokowi. Beberapa petugas sempat memberikan pertolongan dengan mengevakuasi almarhum ke RS Islam, namun nyawanya tidak tertolong.

Almarhum Nanang meninggalkan satu istri dan lima anak. Nanang lahir di Tasikmalaya 6 Agustus 1948. Siang ini jenazahnya dikebumikan di makam keluarga H. Ma’soem, daerah Dangdeur, Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Penyebab Meninggalnya Nanang Iskandar Ma’soem

Menurut pengakuan dari pihak keluarga, penyebab meninggalnya Nanag Ma’soem karena penyakit jantung, Memang selama ini punya sakit jantung. Tadi malam (Kamis) meninggal karena serangan jantung. Kata dokter RS Al Islam juga serangan jantung,” ucap Dadang Muhammad Masoem, salah satu adik kandung Nanang, sewaktu berbincang bersama detik.com di rumah duka, Jalan Raya Cikalong, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jabar, Seperti dikutip dari Detik.com Kamis (3/7/2014).

Menurut Dadang, kakaknya tersebut rutin berobat mengecek jantung di RS Abdi Waluyo Jakarta.

Iqbal Ralie, salah seorang anak kandung Nanang, berucap senada. “Ya, bapak selama ini punya riwayat sakit jantung,” kata Iqbal.

Nanang Ma’soem Tampak Gembira Sesaat Sebelum Wafat

“Beliau tampaknya sangat gembira dengan kedatangan Jokowi dan banyaknya massa yang hadir dalam acara taraweh bersama Jokowi,” kata staf Yayasan Pendidikan Al Ma’soem Asep Sujana , Kamis (3/7/2014) dini hari.

Saat berbuka puasa, Asep melanjutkan, almarhum tidak ada mengeluhkan kesehatannya. “Sehingga kami sangat terkejut sekali dengan ini,” kata Asep.

Jenazah Nanang Ma’soem Diestafet ke Liang Lahat

Jenazah Nanang Iskandar Ma’soem sudah tiba di pemakaman keluarga di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jabar. Ratusan orang menyambut kedatangan pengusaha muslim tersebut dan mengestafetnya menuju liang lahat.

Peristiwa mengharukan ini terlihat di pemakaman keluarga besar Al Ma’soem, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (3/7/2014) sekitar pukul 09.00 WIB. Posisi makam berada di belakang SPBU Al Ma’soem.

Jenazah Nanang diantar oleh mobil ambulans hingga pinggir jalan. Lalu serentak ratusan orang berbaris saling berhadapan dengan jarak berdekatan. Mereka kemudian membawa jasad Dirut PT Al Ma’soem yang dibungkus kain kafan dan tikar tersebut dengan mengestafetnya hingga masjid Aisyah Al’Masomah.

Setelah disalatkan di masjid, jenazah dimakamkan di area pemakaman keluarga. Suasana haru menyelimuti acara ini. Lantunan tahlil dan takbir tak henti-hentinya terlontar dari para kerabat dan sahabat Nanang.

Hadir dalam acara pemakaman ini adalah Ketua DPD PDIP Jabar TB Hasanuddin dan sejumlah tokoh Jabar seperti, ketua Paguyuban adat sunda Didi Turmudzi dan Rektor Unpad Ganjar Kurnia.

Semoga Amal ibadah beliau diterima Allah SWT, dan pihak keluarga diberikan ketabahan Aamiin.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: