Pemred dan penulis tabloid obor rakyat ditetapkan sebagai tersangka

Hari ini Polisi telah menetapkan Pemred Tabloid Obor Rakyat Setyardi Budiyono dan juga penulis tabloid tersebut, Darmawan Sepriyossa, sebagai tersangka.
Tabloid Obor Rakyat
“Ya, tadi saya mendapatkan penjelasan dari Kabareskrim Polri dan Dirtipidum Bareskrim Polri, SB dan DS ditetapkan sebagai tersangka dengan konstruksi kasus melanggar UU Pers Pasal 18 ayat (3) jo Pasal 9 (2),” kata Kepala Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Ronny Franky Sompie seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (4/7/2014) siang.

Tim Jokowi-JK minta usut penyandang dana

Juru bicara tim pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Hasto Kristiyanto, menyambut baik tindakan Polri yang menetapkan status tersangka kepada Pemimpin Redaksi dan penulis tabloid Obor Rakyat. Meski begitu, Hasto juga meminta Polri mengusut tuntas penyandang dana di balik beredarnya tabloid tersebut.

“Penetapan tersangka jadi sinyal positif dari Polri. Tapi jangan hanya sampai di sini, usut juga penyandang dananya,” kata Hasto saat dihubungi, Jumat (4/7/2014).

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan tersebut sangat yakin ada penyandang dana besar di balik beredarnya tabloid Obor Rakyat. Indikasinya adalah sebaran tabloid tersebut yang dianggapnya sangat massif. Hasto menengarai ada peran dari kubu rivalnya yang sengaja ingin menjatuhkan citra Jokowi melalui berita fitnah dalam tabloid Obor Rakyat.

“Kita sudah sama-sama tahu, ada penyandang dana besar untuk Obor Rakyat yang dekat dengan salah satu calon di sana,” ujarnya.

Polri telah menetapkan Pemimpin Redaksi Tabloid Obor Rakyat Setyardi Budiyono dan penulis tabloid tersebut, Darmawan Sepriyossa, sebagai tersangka. Kepala Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Ronny Franky Sompie mengatakan, berdasarkan penjelasan dari Kabareskrim Polri, Setyardi dan Darmawan dianggap melanggar UU Pers Pasal 18 ayat (3) juncto Pasal 9 ayat (2).

Pada 16 Juni 2014, tim advokasi pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla melaporkan Setyardi dan Darmawan dengan tuduhan penghinaan dan fitnah terhadap Jokowi melalui tabloid Obor Rakyat. Tabloid itu disebarkan ke masjid-masjid dan pondok pesantren di sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Iklan

Ditandai:, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: