Jadwal Rekapitulasi Pilpres 2014 dan Real Count Versi KPU

Jadwal Rekapitulasi Pilpres 2014 dan Real Count Versi KPUJadwal Rekapitulasi Pilpres 2014 dan Real Count Versi KPU – Setelah kemarin dilaksanakan hasil perhitungan cepat pilpres 2014 atau quick count untuk pilihan presiden dan wakil presiden dimana hasilnya berbeda-beda. Seperti terlihat pada 11 lembaga survei yang menyelenggarakan quick count dimana 7 Lembaga survei yakni Populi Center, CSIS, Litbang Kompas, Indikator Politik Indonesia, Lingkaran Survei Indonesia, RRI, dan SMRC mengeluarkan data bahwa pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Joko Widodo dan Jusuf Kalla menggungguli pasangan Capres Cawapres nomor urut 1, Prabowo Subiyanto – Hatta Rajasa dengan selisih rata-rata 5%, namun hasil berbeda ditunjukkan oleh 4 lembaga survei yang lain seperti Puskaptis, Indonesia Research Center, Lembaga Survei Nasional dan Jaringan Suara Indonesia dimana Prabowo – Hatta keluar sebagai pemenangnya

Hal ini memunculkan polemik dimasyarakat, oleh karena itu, anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) Prof. Dr. Hamdi Muluk mengatakan, perbedaan hasil quick count cepat ini ditengarai akan dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Serta, merusak proses pemilihan presiden yang sebenarnya telah dapat diselenggarakan dengan cara yang menunjukkan kedewasaan bangsa Indonesia dalam berdemokrasi.

“Kita akan melakukan audit terhadap sejumlah lembaga penelitian pelaksana hitung cepat yang merupakan anggota dari Persepi. Antara lain, Populi Center, JSI dan Puskaptis,” tegas Hamdi Muluk.

“Nanti hasil audit ini akan kita umumkan pada publik dan Persepi akan memberi sanksi pada lembaga penelitian yang melanggar prinsip etika,” tutup Muluk.

Sedangkan untuk versi KPU direncanakan akan diumumkan pada tanggal 22 Juli, Nah dibawah ini jadwal rekapitulasi dari Komisi Pemilihan Umum

10-12 Juli rekapitulasi di desa/kelurahan dikelola oleh panitia pemungutan suara (PPS)
10-14 Juli di luar negeri oleh Pokja
13-15 Juli rekap di kecamatan oleh panitia pemungutan suara kecamatan (PPK)
16-17 Juli di Kabupaten/Kota
18-19 Juli di Provinsi
20-22 Juli di tingkatan Nasional

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: