Isi Wawancara Prabowo dengan BBC

Wawancara Prabowo dengan BBCPada hari jumat malam kemarin wartawan BBC News Babita Sharma memwawancarai Capres Nomor urut 1 Prabowo Subianto, dimana dalam wawancara tersebut Prabowo kembali melontarkan serangan kepada capres sainganya Jokowi Saat diwawancara BBC biro Indonesia, Prabowo mengeluarkan sejumlah unek-uneknya mengenai Jokowi dan hasil pilpres 9 Juli lalu.

Prabowo menjalani sesi wawancara dengan BBC, Jumat (11/7) malam di Jakarta. Wartawan yang mewawancarai Prabowo adalah Babita Sharma.

Awalnya, Prabowo ditanya soal komentarnya mengenai hasil pilpres kemarin. Seperti dikutip dari akun twitter @BBCIndonesia, Prabowo menjawab semua hasil survei menunjukkan dirinya memimpin dan yakin akan mendapat mandat dari rakyat Indonesia.

Ketika ditanya oleh Sharma, bukankah berbagai hasil penghitungan cepat menunjukkan Jokowi unggul 52% dan Prabowo mendapat sekitar 47%, Prabowo menjawab: “Biarkan Komisi Pemilihan Umum yang menentukan hasil pilpres. Justru sebaliknya, semua lembaga survei yang Anda sebut itu partisan, mereka sudah bertahun-tahun mendukung Joko Widodo. Semua survei yang mengatakan Jokowi menang semuanya komersial. Saya bisa menunjukkan yang lain.”

Prabowo menambahkan, “Lawan saya tidak humble. Itu hanya pura-pura. Mereka (lembaga survey) tidak obyektif, mereka bagian dari pendukung Jokowi jadi mereka tidak obyektif dan saya pikir mereka adalah bagian dari desain besar untuk memanipulasi persepsi. Jadi mari kita bergantung pada institusi legal Indonesia, ada KPU, Ada proses perhitungan suara, kami punya saksi di setiap TPS dan kami punya sertifikat setiap saksi. Jadi mari kita ikuti proses perhitungan, verifikasi, dan biar KPU yang memutuskan.”

Sharma kemudian bertanya kepada Prabowo apa yang membuatnya begitu yakin akan menang. Prabowo menjawab bahwa semua lembaga survei adalah perusahaan komersial dan menurut Prabowo ada sedikitnya 16 lembaga survei yang menyatakan bahwa dia unggul.

Jokowi Bukan Orang Merakyat

Capres Prabowo Subianto menilai sosok Joko Widodo yang merakyat bukan sesuatu yang asli melainkan dibuat-buat. Pernyataan itu dilontarkan Prabowo saat menjalani sesi wawancara dengan BBC Indonesia, Jumat (11/7) malam.

Wartawan BBC Babita Sharma menanyakan kepada Prabowo mengenai gaya berpolitik Prabowo yang konservatif jika dibandingkan dengan Joko Widodo yang merakyat.

Prabowo menjawab persepsi tentang Joko Widodo diciptakan oleh tim PR (public relation) dan bahwa Joko adalah alat oligarki.

“Ia bukan orang yang merakyat, ia mengklaim sebagai orang yang rendah hati tapi saya rasa itu cuma akting,” cetus Prabowo yang mengenakan batik dan peci hitam.

Sharma kemudian mengatakan bahwa Joko W memiliki ‘reputasi bersih’ tidak seperti Prabowo yang diwarnai dengan pelanggaran HAM. “Saya ingin ingatkan Anda unit yang Anda pimpin pada 1998 dituduh menculik, menyiksa dan membunuh aktivis yang memprotes Suharto. Bagaimana Anda bisa dipandang sebagai pemimpin kredibel yang bisa memimpin negara jika Anda berpikir tentang hasil suara 10 hari lagi,” ujar Sharma seperti dikutip dari akun twitter @BBCIndonesia.

Prabowo menjawab bahwa setiap kali popularitasnya meningkat, tuduhan-tuduhan pencemaran nama baik selalu muncul. “Ini adalah pemilu ketiga saya, saya kini memimpin partai terbesar ketiga dari negara terbesar keempat di dunia. Saya memimpin koalisi yang mewakili 2/3 rakyat Indonesia, bagaimana mereka bisa dibodohi, begitu bodoh, untuk mendukung seseorang yang memiliki semua karakter yang menurut rival saya adalah karakter saya,” tegas Prabowo.

Prabowo mengaku bosan selama 16 tahun terakhir selalu ditanya soal penculikan dan pelanggaran HAM oleh semua media asing yang mewawancarai dirinya. “Saya sudah menjawab berkali-kali, saya bebas, saya tidak pernah didakwa atas apa pun, ini adalah kampanye politik untuk menghancurkan saya. Mereka tidak suka dengan apa yang saya perjuangkan. Saya berjuang demi Indonesia bersih, keadilan bagi rakyat saya. Selama ini rakyat dibodohi, dianggap orang bodoh dan malas, ini adalah persepsi era kolonial yang dilekatkan kepada kita,” ujarnya.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: