Alasan Israel Menyerang Palestina / Jalur Gaza

Alasan Israel Serang Palestina di Gaza

Beberapa warga Palestina berusaha mencari korban yang terjebak reruntuhan bangunan yang hancur akibat serangan udara militer Israel di kota Rafah, Palestina, (11/7/2014). (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Perang Israel vs Palestina akhir akhir ini banyak menuai kecaman dan protes dari dunia Internasional,Banyak orang yang bertanya tanya sebenarnya apa alasan Israel Menyerang Palestina di Jalur Gaza, kenapa perang ini terus berlangsung sehingga menelan banyak korban, teruatama rakyat sipil yang tidak berdosa, Berikut ini mencuat berikan artikel yang dilansir dari Islampos.com mengenai alasan Mengapa Israel Menyerang Gaza,

KONFLIK Palestina – Israel menurut sejarah sudah 31 tahun ketika pada tahun 1967 Israel menyerang Mesir, Yordania dan Syria dan berhasil merebut Sinai dan Jalur Gaza (Mesir), dataran tinggi Golan (Syria), Tepi Barat dan Yerussalem (Yordania). Sampai sekarang perdamaian sepertinya jauh dari harapan. Ditambah lagi terjadi ketidaksepakatan tentang masa depan Palestina dan hubungannya dengan Israel di antara faksi-faksi di Palestina sendiri. Baca ( Sejarah konfik Palestina – Israel di jalur Gaza dari awal )

Untuk jangka pendek israel menyerang palestina itu bertujuan untuk merebut simpati rakyat israel karena sebentar lagi di Israel akan dihelat Pemilu. Perlu diingat bahwa sebagaian besar penduduk isarel mendukung serangan ke palestina dengan alasan keamanan mereka, jadi penduduk palestina itu mereka anggap sebagai momok dalam kehidupan mereka.

Sebagai catatan anda bahwa calon presiden Israel yang akan maju pada pemilu tahun ini adalah menteri pertahanan israel dan menteri luar negeri. Jadi kedua calon ini berebut untuk mendapatkan simpati rakyatnya agar mereka dapat dipilih pada pemilu yang segera dihelat.

Untuk jangka panjangnya israel bertujuan untuk mencaplok teritorial palestina. Ini terbukti dengan bertambah luasnya daerah toritorial Israel. Salah satu caranya adalah serangan rudal yang mereka lancarkan beberapa minggu ini dan jauh-jauh hari israel sudah memblokade gaza, aliran air dan listrik mereka putus. Intinya Israel menginginkan penduduk palestina itu mati dengan perlahan-lahan sehingga israel dapat dengan mudah menguasai palestina.

Alasan Israel Menyerang Masjid dan dan Rumah Sipil di Gaza

Militer Israel mengatakan pada Sabtu dinihari pihaknya telah menyerang sebuah masjid di Gaza Tengah yang ditengarai menyimpan senjata. Langkah itu pun memicu kemarahan warga Palestina.

Di Gaza, pejabat kesehatan mengatakan korban tewas akibat serangan udara Israel telah mencapai 120 orang, dan ratusan lainnya terluka. Banyak dari mereka yang tewas dan terluka berasal dari warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak.

Militer Israel mengatakan selama lima hari pertempuran, pihaknya telah menyerang lebih dari 1.160 sasaran di Gaza. Tempat itu termasuk peluncur roket, pabrik senjata, dan fasilitas penyimpanan dan rumah-rumah pribadi yang dikatakan telah menjadi pusat komando militan untuk mengarahkan serangan roket ke Israel.

Militer Israel mengatakan, pihaknya telah menyerang 10 tempat operasi teror, 6 di antaranya dikatakan terlibat langsung dalam peluncuran roket ke Israel.

Dalam sebuah pernyataan militer Israel yang dikutip New York Times, Sabtu (12/7/2014), mengatakan, bahwa Hamas, kelompok Islam yang mendominasi Gaza, dan kelompok militan Jihad Islam secara sistematis menggunakan masjid untuk menyembunyikan persenjataan dan membangun jaringan terowongan bawah tanah. Hal ini dinilainya sebagai penyalahgunaan situs suci.

“Situs-situs tersebut merupakan bagian dari jaringan teror yang luas tertanam jauh di dalam populasi sipil sengaja dilakukan oleh organisasi teror,” tambah pernyataan itu.

Militer menerbitkan foto udara dari situs masjid, dikelilingi oleh rumah-rumah sipil.

Selama lima hari terakhir, korban telah berjatuhan akibat serangan roket Israel. Namun tak ada korban jiwa dari pihak Israel, meskipun militan di Gaza telah meluncurkan hampir 700 roket dan mortir dan bahkan kerap mencapai lebih jauh ke wilayah Israel.

Menurut para pejabat Israel, minimnya angka kematian dari serangan tersebut lantaran keberhasilan ‘Iron Dome’ atau sistem pertahanan rudal di negara itu. Sistem itu mencegat roket yang menuju kepada pusat-pusat keramaian kota, dan Israel menginstruksikan untuk melindunginya melalui suara sirene.

Namun Iron Dome tidak memberikan perlindungan total. Sebuah roket menghantam sebuah rumah di kota Israel selatan Beersheba pada Jumat malam. Roket itu menghancurkan dan melukai seorang wanita tua. Seorang pria terluka parah dan tujuh lainnya mengalami luka saat roket menghantam dan membakar stasiun pengisian bensin di Ashdod, kota pelabuhan Israel.

Iklan

Ditandai:, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: