Inilah jalur mudik 2014 yang rawan macet dan kecelakaan

Inilah jalur mudik 2014 yang rawan macet dan kecelakaan

Ilustrasi Kemacetan saat Mudik lebaran

Tradisi mudik lebaran sebentar lagi akan dilakoni saudara saudara kita yang ingin menghabiskan hari kemenangan di kampung halaman, dan seperti biasa mudik lebaran pasti meninggalkan cerita yang beraneka ragam, mulai dari capek, macet dan cerita tidak mengenakan lainya. Meskiupun cerita mudik banyak yang tidak enak akan tetapi semangat ingin bertemu dengan keluarga dan sanak saudara di hari raya tidak menyurutkan semangat saudara-saudara kita untuk melakukan perjalanan mudik.

Umumnya, masyarakat masih banyak yang lebih menyukai mudik menggunakan jalur darat dengan kendaraan pribadinya.

Tentu saja bisa terbayangkan seperti apa tumpah ruahnya mobil dan motor di jalanan. Nah, bagi Anda yang berniat mudik menggunakan jalur darat dengan kendaraan pastikan memilih rute jalan yang paling efisien. Pantauan detikcom, ada beberapa titik yang harus diperhitungkan dan juga diwaspadai selama perjalanan.

Pertama, kawasan Lido menuju Sukabumi, Jawa Barat berpotensi terjadi kemacetan panjang. Hal ini disebabkan karena adanya jembatan kayu pada yang hanya dapat dilalui satu kendaraan, sehingga kendaraan harus memperlambat lajunya dan mengantre.

Tak hanya itu, bila sore hari Lido yang juga dikenal sebagai kawasan industri akan dipadati oleh karyawan yang berhamburan keluar. Belum lagi ditambah banyaknya angkutan umum yang ngetem di sekitaran pabrik kian menambah kemacetan.

Potensi kemacetan juga terjadi saat memasuki kawasan Cibadak, Sukabumi. Pasalnya, di sini pasar tumpah menghiasi sepanjang jalan.

Kedua, kawasan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menuju Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Setelah melewati jalanan yang berkelok cukup tajam, hati-hati saat memasuki jalur alternatif Pantai Utara (Pantura) melalui Jalan Raya Bojongsari-Kersana. Sebab di sepanjang jalan tersebut yang menuju Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terdapat beberapa lubang menganga.

Meski lubang tersebut diameternya tidak terlalu besar dan dalam, tapi kendaraan yang hendak melintas harus memperlambat kecepatan karena cukup banyak jalanan yang berlubang. Menurut Kapolres Brebes AKBP Ferdy Sambo di Polres Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (13/7) lalu, lubang-lubang itu akan ditambal selama H-10 lebaran.

Selanjutnya, Ferdy juga menambahkan akan terjadi kepadatan arus di sejumlah titik saat memasuki masa mudik. Berikut titik kepadatan yang harus diwaspadai, yakni Simpang 3 Pejagan, Exit Tol Pejagan, pasar tumpah di Pasar Bulakamba, alun-alun Brebes, begitu juga dengan Dernoleng Ketanggungan dan kawasan Simpang 3 Pagojengan.

Sementara untuk arus balik usai lebaran, kawasan yang diperkirakan kendaraan akan tumpah ruah di Pasar Induk Brebes, alun-alun Brebes dan sentra oleh-oleh Brebes.

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: