Update Terbaru Berita Pencarian AirAsia QZ8501

Berita Terbaru Pesawat AirAsia Jatuh
Update Terbaru Berita Pencarian AirAsia QZ8501 – Berita terkini tentang pencarian korban pesawat Air Asia yang jatuh di kawasan Kalimantan hingga hari ke-9 secara utuh bisa anda lihat di sini.

Memasuki hari kesembilan, korban AirAsia QZ8501 yang ditemukan terus bertambah. Hingga kini, ada 34 jenazah yang sudah dievakuasi, 9 di antaranya berhasil diidentifikasi. Semakin lama, upaya pencarian dan pengenalan jenazah semakin tidak mudah, karena faktor cuaca dan kondisinya yang membusuk.

Kemarin, tim gabungan Basarnas berhasil mengevakuasi empat jenazah baru. Tiga jenazah diangkat dari kapal Jepang Onami dan satu dari kapal Singapura RSS Persistence. Lima obyek besar yang diduga bodi pesawat pun ditemukan. Namun untuk mengangkatnya tidak mudah karena faktor arus dan gelombang.

Upaya identifikasi jenazah juga masih berjalan. Total ada 9 jasad yang bisa dikenali. Sebagian ada yang sudah dimakamkan. Tim DVI Polri tidak bisa dengan mudah mencocokkan identitas karena kondisinya yang membusuk beracun.

Kabasarnas Marsdya Soelistyo memprediksi masih ada beberapa jenazah yang berada di dalam pesawat. Tim akan fokus melakukan penyelaman mulai pagi ini.

Bagaimana perkembangan pencarian? Berikut rangkumannya, Senin (5/1/2015):

Pukul 19.49 WIB

Sebanyak 17 penyelam gabungan TNI belum berhasil menemukan bodi AirAsia QZ 8501 di Laut Jawa dekat Selat Karimata hari ini. Basarnas pun akhirnya menerjunkan alat canggih bernama Remotely Operated Vehicle (ROV) untuk mencari bodi pesawat tersebut

Pukul 19.28 WIB

Sebanyak 3 jenazah berhasil ditemukan oleh kapal KD Kesturi milik Malaysia yang berada dalam area IV pencarian AirAsia. Jenazah lalu dibawa oleh helikopter dolphin milik Basarnas ke Lanud Iskandar, Pangkalan Bun. Ketiganya terikat di kursi pesawat.

Pukul 17.56 WIB
Temuan serpihan dan penumpang pesawat dan menunjukkan tidak adanya tanda-tanda ledakan di udara. Dugaan terkuat saat ini mesin AirAsia QZ8501 mati karena icing di dalam awan cumulonimbus, lalu pesawat jatuh ke laut.

Pukul 17.00 WIB

Helikopter milik Amerika jenis Seahawk kembali ke landasan udara Iskandar, Pangkalan Bun sore ini. Rupanya, mereka mengevakuasi beberapa kursi penumpang AirAsia ‎yang ditemukan di laut lokasi jatuhnya AirAsia.

Pukul 16.10 WIB

Basarnas membutuhkan peralatan kapsul bawah air. Alat itu bisa digunakan untuk mengevakuasi jenazah.

Pukul 16.03 WIB

Ke depan, black box pesawat akan bisa merekam video. Namun banyak pilot menolaknya dengan alasan sistem ini melanggar privasi mereka. Selain itu, mereka menilai data yang ada di black box selama ini sudah cukup untuk mengungkap kecelakaan pesawat.

Pukul 16.00 WIB

Tim DVI Polri kembali berhasil mengidentifikasi 4 jenazah korban kecelakaan AirAsia QZ8501. Berikut identitas empat jenazah tersebut:

1. Shiane Josal
2. Tony Linaksita
3. Yan Koen Lim
4. Jou Yongki

Pukul 14.19 WIB


Ada yang beda dari penampilan relawan yang mengantar dan menjemput jenazah. Para relawan PMI yang biasa ikut dalam ambulans pengantar jenazah itu kini memakai pakaian berlapis sejenis jas hujan berwarna putih.

Pukul 14.18 WIB

Kementerian Perhubungan menggelar jumpa pers terkait izin terbang AirAsia di Bandara Juanda. Mereka menjelaskan soal izin ilegal terbang di hari Minggu. Padahal izin hanya diberikan di hari Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu. Mungkinkah ada yang bermain? Ini analisanya.

Pukul 14.08 WIB

3 Orang anggota TNI Wanita atau Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Serda Tri Kusumawardani, Serda Azmiatul dan Serda Rizka Aulia berdinas di KRI Banda Aceh. Ketiga wanita cantik itu bisa mengemudikan kapal.

Pukul 14.06 WIB

Keluarga penumpang AirAsia QZ8501 menolak dana bantuan Rp 300 juta. Mereka menilai perjanjiannya belum kuat.

Pukul 13.36 WIB

Tiga jenazah korban AirAsia QZ8501 kembali diantar ke RSUD Imanuddin dari Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Ketiganya langsung dibawa ke Posko DVI untuk diberi label dan dibaringkan dalam peti jenazah. Tiga jenazah itu dievakuasi dari KD Kasturi milik Malaysia. Satu jasad dipastikan berjenis kelamin wanita.

Pukul 12.09 WIB

Chief of Navy Malaysia Abdul Aziz Jaafar mengabarkan, kapal perang KD Kasturi milik Malaysia menemukan dua jenazah korban AirAsia QZ8501. Saat ini, dua jasad itu sedang dalam proses evakuasi.

Pukul 12.12 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melakukan analisis mendalam seputar cuaca di titik jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 di Selat Karimata. Hasil analisis BMKG, faktor cuaca buruk menjadi pemicu kecelakaan pesawat yang mengangkut 162 orang tersebut.

Pukul 11.36 WIB

Steril, hati-hati dan gesit. Begitu kira-kira kesan yang tertangkap saat melihat proses evakuasi jenazah yang dilakukan oleh dua kru helikopter Sea Hawk dari USS Sampson. Helikopter itu sudah empat kali mendarat di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun untuk menurunkan jenazah dan serpihan pesawat AirAsia.

Pukul 11.07 WIB

Pencarian puing pesawat AirAsia QZ8501 masih terus digalakkan di hari kesembilan. Ada 8 kekuatan udara yang akan menyisir 4 sektor yang telah ditetapkan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas). Untuk armada laut, hari ini diterjunkan sebanyak 26 kapal termasuk 11 kapal canggih untuk fokus pencarian di bawah air.

Pukul 10.00 WIB

Pilot senior AirAsia, Dwi Harso Syah, menyayangkan banyak pendapat berseliweran dari para pengamat di seputar musibah AirAsia QZ8501. Dia meminta pengamat untuk mengerem pendapatnya agar tidak membuat orang paranoid terhadap dunia penerbangan. Ditegaskannya awan cumulonimbus (CB) adalah sabahat penerbangan, bukan musuh atau pembawa petaka.

Pukul 09.53 WIB

Pramugara Wismoyo Ari Prambudi (Yoyok) dimakamkan. Ratusan pelayat sudah memadati rumah duka di Jetak Lor RT 01 RW 09, Bareng Lor, Klaten Utara, Klaten. Para tamu berasal dari kerabat, tetangga, kawan sekantor orangtua Yoyok‎, maupun perwakilan dari Maskapai AirAsia. Sejumlah karangan bunga juga nampak berjajar di lokasi rumah duka.

Pukul 09.00 WIB

Prediksi cuaca dari BMKG hari ini di lokasi pencarian masih diwarnai hujan. Tak hanya itu, BMKG juga meminta para pilot dari tim evakuasi yang terbang di atas laut Jawa mewaspadai awan cumulonimbus. Sementara itu, gelombang laut di sektor evakuasi berkisar di angka 1,5-2,5 meter. Bahkan di kawasan timur 2-3 meter.

Untuk arus laut, hari ini sektor barat arusnya mencapai kecepatan 30-50 Cm/second dengan pergerakan dari barat laut ke barat. Timur‎ dengan pergerakan sama 40-60 Cm/second.

Pukul 08.00 WIB

Area pencarian diperluas hingga ke Tanjung Puting.

Pukul 01.00 WIB

Dua relawan yang membantu evakuasi AirAsia QZ8501 harus mendapat perawatan rumah sakit. Keduanya harus diinfus karena kelelahan bekerja.

Pantau terus perkembangan terkini pencarian korban pesawat AirAsia QZ8501 hanya di Mencuat.com

Sumber Detik.com

Iklan

Ditandai:,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: